IT Governance in The Context of ESG Reporting Quality

Publish by Humas  |  17 April 2023

all

Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Ukrida mengadakan webinar bertema IT Governance in The Context of ESG Reporting Quality

Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Ukrida mengadakan webinar bertema IT Governance in The Context of ESG Reporting Quality, Jumat, 14 April 2023, menghadirkan Dr. Isnaeni Achdiat sebagai narasumber. Menurut Narasumber ESG (Environmental, Social, and Governance) dan tata kelola IT sangat berhubungan

ESG merupakan suatu hal baru yang ditandai dengan meningkatnya kepedulian publik terhadap isu-isu lingkungan, sosial, tata kelola, dan meningkatnya permintaan oleh investor institusional, pemodal, pembeli, dan dewan pemangku kepentingan, karyawan, pelanggan, serta komunitas. Bagi organisasi, untuk meningkatkan tanggung jawab ESG dibagi menjadi tiga pilar lingkungan, sosial, dan tata kelola (LST), yaitu:

  • Environmental: perubahan iklim menjadi prioritas utama karena berdampak pada model bisnis organisasi.
  • Social: menyampaikan kepada seluruh pemangku kepentingan, dimana nilai yang diciptakan bisnis berpotensi mempengaruhi investor, karyawan, pelanggan, dan komunitas.
  • Governance: pemerintahan sebagai kekuatan penuntun, dimana sistem semua aktivitas bisnis inti diarahkan, dikendalikan, dan dipantau guna menciptakan nilai jangka panjang.

Pelaporan ESG merupakan informasi yang berhubungan dengan operasi dan risiko organisasi dalam tiga bidang, yaitu pengelolaan lingkungan, tanggung jawab sosial, dan tata kelola perusahaan.

=