Cegah Kanker Serviks, Kanker Terbanyak Kedua di Indonesia

Publish by Humas  |  28 Februari 2023

all

Program Studi Profesi Kedokteran Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Ukrida mengadakan penyuluhan pencegahan Kanker Serviks 

Di Indonesia, kanker serviks menempati urutan kedua terbanyak di antara seluruh jenis kanker, karena itu diperlukan penyuluhan tentang apa dan bagaimana pencegahannya. Kamis, 23 Februari 2023, mahasiswa-mahasiswi Program Studi Profesi Kedokteran Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Ukrida, yaitu Ikhwanul Muslimin Idris, Raditya Karuna Linanda, Luky Dea Clara, dan Priska Angeline Alang menjadi fasilitator penyuluhan yang berlangsung di Kampus 1 Ukrida dan dihadiri karyawati Ukrida.

Penyuluhan dilakukan dengan memberikan edukasi mengenai tanda dan gejala, pengenalan faktor risiko dan cara pencegahan seputar kanker serviks. Beberapa penyebab yang dapat meningkatkan risiko terkena kanker serviks, seperti sering berganti pasangan seksual, jumlah kelahiran yang lebih dari tiga, adanya riwayat kanker dalam keluarga, kurang menjaga kebersihan alat kelamin, dan merokok, baik perokok aktif maupun pasif. Pencegahan kanker serviks dapat dilakukan dengan menghindari faktor risiko tersebut, melakukan vaksinasi hingga pemeriksaan rutin untuk deteksi dini. Vaksinasi paling efektif diberikan pada remaja berusia 14-20 tahun, meskipun demikian, vaksinasi tetap dapat diberikan sampai dengan usia 55 tahun. Deteksi dini kanker serviks dapat dilakukan dengan melakukan pemeriksaan IVA (Inspeksi Visual dengan Asam Asetat) dan pemeriksaan pap smear. Pemeriksaan IVA lebih mudah dilakukan dan telah tersedia di seluruh fasilitas kesehatan puskesmas.

=