Pelatihan USG Abdomen Pelvis dan Extended FAST

Publish by Humas  |  28 Februari 2023

all

FKIK Ukrida bekerjasama dengan Alumni FKIK Ukrida dan Perhimpunan Ultrasonik Kedokteran Indonesia (PUSKI) mengadakan Pelatihan USG Abdomen Pelvis dan Extended FAST

Dalam rangka meningkatkan kualitas profil lulusan dari Sarjana Kedokteran, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Ukrida bekerjasama dengan Alumni FKIK Ukrida dan Perhimpunan Ultrasonik Kedokteran Indonesia (PUSKI) mengadakan Pelatihan USG Abdomen Pelvis dan Extended FAST selama tiga hari pada 16-18 Februari 2023, bertempat di Kampus 2 Ukrida, dihadiri oleh 74 orang Dokter yang berasal dari alumni Ukrida maupun non alumni Ukrida. Pelatihan ini difasilitasi oleh dr. Daniel Makes, Sp. Rad (K), dr. Tintin Supriatin, M.H., M.M. dan dr. H. Sidharta, yang menjelaskan bagaimana penggunaan USG serta Extended FAST yang merupakan panduan cara mendeteksi abnormalitas yang berada di sekitar abdomen pelvis, seperti tumor, pendarahan yang terjadi di sekitar hepar, lien, pankreas, serta kantung empedu.

Pelatihan USG Abdomen Pelvis dan Extended FAST merupakan salah satu bentuk pelayanan dari Alumni FKIK Ukrida, yang ditujukan untuk melatih Dokter agar dapat mengoperasikan USG guna mendeteksi lebih dini penanganan terhadap pasien di Unit Gawat Darurat. Dengan adanya pelatihan ini, para Dokter dapat membagikan pengalamannya ketika mengabdi di lingkungan masyarakat serta belajar bersama dalam menggunakan USG.

=