Sosialisasi NIK sebagai NPWP

Publish by Humas  |  14 Februari 2023

all

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Ukrida yang bermitra dengan Direktorat Jenderal Pajak mengadakan sosialisasi tentang NIK sebagai NPWP

Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Kristen Krida Wacana (Ukrida) yang bermitra dengan Direktorat Jenderal Pajak mengadakan sosialisasi tentang NIK sebagai NPWP, Selasa, 14 Februari 2023, bertempat di Auditorium Kampus 1 Ukrida. Sebagai fasilitator adalah Fungsional Penyuluh Pajak DJP Jakarta Barat, dimoderatori oleh Eva Oktavini, S.E., M.S., Ak., dosen FEB Ukrida. Kemitraan Ukrida dengan Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jakarta Barat mengedukasi pemahaman tentang pajak sejalan dengan ungkapan yang sering terdengar, yaitu “Orang Bijak Taat Pajak”. Sebagai Universitas Kristen yang menjadi bagian dari masyarakat, Ukrida berpegang pada firman-Nya tentang “beri apa yang wajib kau berikan kepada pemerintah …”

Fasilitator pertama menyampaikan mengenai latar belakang kebijakan pemerintah tentang NIK sebagai NPWP, yaitu pelaksanaan amanat Undang-Undang Harmonisasi Peraturan Perpajakan (UU HPP) yang mengatur bahwa Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) orang pribadi yang merupakan penduduk Indonesia menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK). Adapun manfaat integrasi NIK-NPWP adalah untuk meningkatkan pelayanan kepada Wajib Pajak dan memudahkan dalam administrasi perpajakan dengan menggunakan indentitas tunggal, dimana kebijakan ini berlaku mulai tahun 2024. Selanjutnya Fasilitator kedua menyampaikan mengenai tata cara pengisian formulir Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) oleh wajib pajak. Ukrida dengan motto Lead to Impact berkomitmen untuk terus memberi dampak tidak hanya kepada seluruh sivitas akademika, tetapi masyarakat sebagai warga negara yang sadar akan pajak. 

=