Pahami, Peduli, dan Perhatikan Komunikasi pada Orang dengan Demensia

Publish by Humas  |  02 Februari 2023

all

Program Studi Keperawatan Ukrida mengadakan webinar bertajuk “Pahami, Peduli, dan Perhatikan Komunikasi pada Orang dengan Demensia”

Program Studi Keperawatan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Ukrida mengadakan webinar bertajuk “Pahami, Peduli, dan Perhatikan Komunikasi pada Orang dengan Demensia (P3K ODD)”,  Sabtu, 14 Januari 2023, melalui Zoom Meeting, diikuti lebih dari 200 orang peserta. Webinar ini merupakan bentuk penyuluhan agar masyarakat mengetahui bahwa demensia bukanlah hal yang normal dialami oleh lansia. Pada sesi pertama, Ns. Dian Anggraini, M.Kep. sebagai moderator dan pemaparan materi oleh Ernawati, S.Kp., M.Ng., Yosi Marin Marpaung, S.KM, M.Sc., dan Ns. Mariam Dasat, S.Kep. Pada sesi kedua, pemaparan materi oleh Ns. Meylona V. Zendrato, M.Kep., Ns. Malianti Silalahi, M.Kep.Sp.Kep.J., dan Ns. Stephanus Maman Hermawan, M.Kep., dimoderatori oleh Ns. Permaida, M. Kep.

Demensia biasanya disamakan dengan pikun dan dianggap normal dialami oleh lansia, serta merupakan sekumpulan penyakit yang menyerang daya ingat, cara berpikir, dan kemampuan merawat diri sendiri. Dalam berkomunikasi dengan Orang Dengan Demensia (ODD), diperlukan kehati-hatian dalam penggunaan kata agar tidak terjadi kesalahpahaman. Jika tidak, ODD akan menangkap informasi berdasarkan persepsinya. Kunci dalam berkomunikasi dengan ODD adalah A (Pay Attention, beri perhatian), C (Communication Techniques, komunikasi secara verbal dan nonverbal), C (Clue, beri petunjuk visual dan nonvisual), A (Acknowledge (akui kegelisahan, perasaan dan realitas), dan S (Support, dukungan dengan bersikap aktif). 

=