Kuliah Pakar “Sustainable Strategies for Hospital Business”

Publish by Humas  |  02 Februari 2023

all

Program Studi Magister Manajemen Konsentrasi Manajemen Rumah Sakit menyelenggarakan kuliah pakar dengan tema Sustainable Strategies for Hospital Business

Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Konsentrasi Manajemen Rumah Sakit menyelenggarakan kuliah pakar dengan tema Sustainable Strategies for Hospital Business pada Sabtu, 28 Januari 2023, secara online melalui media Zoom Meeting dan diikuti oleh 65 orang peserta. Dalam kuliah pakar ini, Program Studi Magister Manajemen menghadirkan narasumber drg. Rina Setiawati, selaku Chief Operating Officer (COO) Eka Hospital Group.

Dalam pemaparannya, drg. Rina Setiawati menekankan dua hal yang perlu diketahui sebagai strategi untuk keberlanjutan bisnis rumah sakit, yaitu membangun orientasi untuk berkembang pada karyawan dan parameter kunci untuk mempertahankan bisnis rumah sakit. Narasumber juga menjelaskan di rumah sakit, angka masih menjadi hal yang cukup tabu untuk diketahui selain oleh pimpinan tertinggi. Menurutnya, ada angka-angka yang justru sebaiknya diketahui oleh minimal semua kepala divisi, dengan catatan mereka harus memiliki tingkat pengetahuan yang memadai untuk membaca laporan keuangan, pengeluaran, pemasukan, dan target capaian divisinya. Selanjutnya, narasumber juga menjelaskan parameter kunci yang harus ada dalam keberlangsungan bisnis rumah sakit, seperti penghitungan kontribusi dokter, laboratorium diagnostik, instalasi farmasi, Average Revenue Per Patient (ARPP), Average Revenue Per Occupied Bed (ARPOB), Average Length of Stay (ALOS), dan lainnya.

=