Kuliah Umum Magister Manajemen Ukrida

Publish by Humas  |  23 November 2022

all magister-manajemen

Program studi Magister Manajemen mengadakan kuliah umum “Usaha Ultra Mikro Sebagai Salah Satu Kekuatan Pilar Ekonomi Indonesia” 

Program Studi Magister Manajemen (MM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Ukrida, Sabtu, 19 November 2022 mengadakan kuliah umum secara hybrid di Junction Ukrida dan melalui ZOOM meeting, dengan tema “Usaha Ultra Mikro Sebagai Salah Satu Kekuatan Pilar Ekonomi Indonesia”. Sebagai narasumber adalah Sunar Basuki, S.E., M.B.A., dari PT Permodalan Nasional Madani, sebuah badan usaha milik negara sejak 01 Juni 1999, yang bertugas untuk memberdayakan kelompok perempuan pra sejahtera dan usaha mikro serta kecil. Kuliah umum dihadiri juga oleh Dekan FEB Ukrida, Dr. Melitina Tecoalu, Ketua Program Studi MM Ukrida, Dr. Hery Winoto, dan Guru Besar FEB Ukrida, Prof. Dr. PM. Budi Haryono. 

Narasumber memaparkan profil pelaku usaha ultra mikro yang meliputi masyarakat dengan usia produktif, pendidikan yang relatif rendah, nilai aset usaha sangat mikro (di bawah 20 juta), tidak memiliki email, izin usaha, maupun NPWP, penjualan dilakukan secara langsung dengan metode pembayaran tunai, cadangan kas terbatas, dan tidak melakukan pencatatan transaksi penjualan secara reguler. Para pelaku usaha ultra mikro ini meliputi pedagang keliling, pedagang pasar, toko kelontong, petani dan peternak kecil, dan lain sebagainya. Masyarakat di Indonesia banyak yang merupakan pelaku usaha ultra mikro sehingga memerlukan pemberdayaan bagi usahanya agar dapat meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan mereka.

=