Penelitian Bersama Ukrida dengan PT Kilang Pertamina Internasional

Publish by Humas  |  10 November 2022

all teknik-industri teknik-elektro psikologi

Tim peneliti Ukrida dari Program Studi Psikologi, Teknik Industri, dan Teknik Elektro di bawah naungan Pusat Riset Behavioral Technology mengadakan penelitian bersama PT Kilang Pertamina Internasional

Tim peneliti Ukrida dari Program Studi Psikologi, Teknik Industri, dan Teknik Elektro di bawah naungan Pusat Riset Behavioral Technology, mendapat kesempatan untuk mengadakan penelitian bersama di perusahaan yang mengelola kilang minyak, yaitu PT Kilang Pertamina Internasional (KPI). Lokasi kilang minyak yang menjadi tempat penellitian tersebut adalah Refinery Unit IV (RU IV) di Cilacap, yang waktu tempuhnya dari Jakarta kurang lebih tujuh jam dengan menggunakan kereta api. Tim peneliti dari Ukrida yang dipimpin oleh Prof. Johana E. Prawitasari, Ph.D., terdiri atas beberapa anggota, yaitu: Dr. Evans Garey, Ngadiman Djaja Ph.D, Ivan Tanra Ph.D, Dr. Iwan Aang Soenandi, Vincent Suryawidjaja, S.Psi, Agus Limanto, S.Si., M.Biomed, Steffi Cristanti, S.Pd., M.M., beserta asisten peneliti yang terdiri atas lima orang mahasiswa dari Program Studi Teknik Industri dan dua orang mahasiswa dari Program Studi Psikologi.

Topik yang telah disepakati bersama PT KPI melalui koordinasi dengan pihak Human Capital (HC) PT KPI, yang difasilitasi Vice President HC, Ibu Dewi Kurnia Salwa dan Manager HC RU IV, Bpk Yudhistiro Tri Prakoso, adalah Penerapan Teknologi Perilaku untuk Pengelolaan Lingkungan Kerja. Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 10 Oktober 2022 sampai dengan 21 Oktober 2022 dengan rincian:

  1. Focus Group Discussion (FGD) dengan peserta berbagai level dari pihak PT KPI
  2. Workshop
  3. Pengamatan di lingkungan kilang

Dari kegiatan yang dilakukan dan pengolahan data yang diperoleh, akan dapat memberikan usulan kepada PT KPI agar meningkatkan keamanan kerja melalui penerapan teknologi dan keseimbangan hidup, sehingga dapat menurunkan tingkat kecelakaan kerja.

=