Disruptive Innovation In Strategic Management

Publish by Humas  |  24 Oktober 2022

all magister-manajemen

Webinar Magister Manajemen dengan topik ”Discruptive Innovation In Strategic Management” 

Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Ukrida melalui Program Studi Magister Manajemen mengadakan webinar dengan topik ”Discruptive Innovation In Strategic Management”,  Rabu, 14 Oktober 2022. Fredella Colline, S.E., M.M., Sekretaris Program Studi Magister Manajemen memandu acara yang diisi oleh dua orang Narasumber, yaitu Prof. Yudi Azis, S.E., S.Si, M.T., Ph.D., dari  Universitas Padjadjaran dan Dr. Alexander, S.E., M.M., President & CEO PT Maybank Indonesia Finance. Ketua Program Studi Magister Manajemen Ukrida, Dr. Hery Winoto Tj, S.E., M.M., dalam sambutannya menyampaikan bahwa transformasi sistem saat ini seperti teknologi yang mengalami perubahan signifikan hingga banyak orang menjadi kecanduan karenanya. 

Dalam paparannya, Prof. Yudi Azis mengatakan hampir semua sektor usaha terkena dampak penyebaran virus Covid-19, sehingga harus bertransformasi, khususnya sektor Perbankan, Kesehatan, dan Transportasi. Saat ini dunia memasuki era V.U.C.A (Volatility - Uncertainty - Complexity - Ambiguity), oleh sebab itu untuk mencapai visi dari Kemenkeu, yaitu menjadi penggerak utama pertumbuhan ekonomi Indonesia yang inklusif abad ke-21, perusahaan, pebisnis, maupun sektor usaha lainnya harus lebih lincah dalam menghadapi persaingan. 

Sementara itu, Dr. Alexander menjelaskan tentang inovasi dalam konteks ini, yaitu perubahan atau pembaruan yang terjadi dari suatu produk, yang bersifat bertahan maupun yang bersifat mendasar. Jenis inovasi terbagi menjadi dua bagian, yaitu:

  • Inovasi berkelanjutan: peningkatan bertahap, terobosan atau leapfrog dari produk yang sudah ada
  • Inovasi disruptif: memperkenalkan produk dan layanan yang tidak sebaik produk yang tersedia saat ini, tetapi dengan teknologi khusus yang menawarkan manfaat lain yang lebih nyaman, lebih sederhana, dan lebih murah, dimana produk tersebut akan menarik bagi pelanggan.

=