Investment for Smart People

Publish by Humas  |  10 Oktober 2022

all akuntansi

Ukrida bekerja sama dengan Bursa Efek Indonesia mengadakan Seminar dengan topik "Investment for Smart People"

Ukrida bekerjasama dengan Bursa Efek Indonesia mengadakan Seminar pada Jumat, 07 Oktober 2022 dengan topik ”Investment for Smart People”. Seminar diikuti oleh mahasiswa/i Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Ukrida angkatan 2021 dan 2022, serta mahasiswa dari Fakultas lainnya. Sebagai pembawa acara adalah Dr. Soegeng Wahyoedi, S.E., M.Com.Ec., CIQaR. (Dosen FEB Ukrida), sedangkan Hendra Pamungkas Jovianto dari Market Development Division Indonesia Stock Exchange sebagai Pemateri 1, Hendri Wijaya, S.E., M.M. (Alumni dan Dosen FEB Ukrida), Head of Financial Education Sucor Sekuritas, sebagai Pemateri 2, dan Danika Augusta Sari dari Financial Sucor Sekuritas selaku Pemateri 3. 

Dekan FEB Ukrida, Dr. Melitina Tecualu, S.E., M.M., dalam sambutannya menjelaskan tentang topik Seminar ”Investment For Smart People”, dimana kata kunci dari topik tersebut merupakan SMART singkatan dari Specific, Measurable, Achievable, Responsible, Thank God. Sementara dalam paparannya, Pemateri menjelaskan tentang saham sebagai salah satu investasi yang diperjualbelikan, dan saham bukanlah objek permainan tetapi instrumen investasi, dimana seseorang yang mengalokasikan dana miliknya dengan tujuan mendapatkan keuntungan yang lebih besar di masa depan. Saham yang diperjualbelikan di pasar modal dapat disebut sebagai capital gain, yaitu keuntungan yang diperoleh oleh seseorang dari penjualan aset, seperti saham, obligasi atau real estate, apabila harga jual suatu aset melebihi harga beli.

"Lebih baik keluar dari zona nyaman dan kembali bekerja keras daripada merasa nyaman namun masa depan menjadi tidak jelas"

Beberapa catatan penting dari Pemateri tentang menjadi investor cerdas dengan 3P, yaitu:

  • Paham: pahami serta tetapkan tujuan dari investasi, 
  • Punya: kenali serta pastikan transfer ke rekening yang tepat, serta miliki produk investasi yang diinginkan, 
  • Pantau: cek rekening investasi secara berkala, pantau berita serta perkembangan kinerja perusahaan yang berhubungan dengan produk investasi, pantau indikator pengerakan harga, sehingga dapat memanfaatkan peluang tepat untuk jual atau beli.

=