Mengenal Artificial Intelligence

Publish by Humas  |  05 Juli 2022

all

Webinar Kolaborasi UKRIDA dan SMA St. Kristoforus 2 

Program Studi Teknik Elektro UKRIDA mengadakan webinar yang dihadiri oleh siswa SMA St. Kristoforus 2 secara hybrid pada Rabu, 15 Juni 2022 bersama Kevin Sutanto, S.T., M.Sc. sebagai narasumber.

Teknologi ciptaan manusia semakin berkembang dan canggih. Salah satu contoh kemajuan teknologi manusia ialah Artificial Intelligence (AI). Melalui kutipan dari Bill Gates pada saat menjadi pembicara di Stanford University’s Human-Centered Artificial Intelligence (HAI), “AI is like nuclear energy-both promising and dangerous. The power of artificial intelligence is so incredible, it will change society in some very deep ways”, dapat disimpulkan bahwa “AI merupakan teknologi yang sangat menjanjikan bagi perkembangan umat manusia, walau harus dijalankan secara hati-hati karena dapat menimbulkan dampak yang buruk pula. Siapa yang menguasai AI dia yang akan berpotensi menguasai dunia”. Saat ini, Indonesia sedang mengembangkan AI buatan dalam negeri agar tidak kalah dengan negara-negara lain.

Menurut kamus Bahasa Inggris Oxford, AI diartikan sebagai kemampuan komputer atau mesin uang dapat menunjukkan atau mensimulasikan perilaku yang cerdas. Kemampuan AI dalam berpikir dan berinteraksi dengan manusia secara dua arah membuat ia dikategorikan cerdas. AI sebenarnya sudah ditemukan di kehidupan sehari-hari dan tidak harus dalam bentuk robotik, seperti penggunaan perintah suara pada smartphone.

Program Studi Teknik Elektro UKRIDA telah melakukan berbagai pengembangan AI oleh para mahasiswanya, seperti face recognition for security systems, yang dikembangkan untuk menjaga keamanan pengguna handphone, smart robotic arm for mathematics, yaitu robot berbentuk lengan yang dapat mengerjakan soal matematika sederhana. Selain itu, biometric authentication yang berguna dalam penelitian di laboratorium, serta smart finger-text recognition yang dapat mendeteksi kata hanya dengan menunjukkan jari kita