Penguatan Mutu UKRIDA

Publish by Humas  |  05 Juli 2022

all

Lembaga Penjaminan Mutu mengadakan webinar dan workshop dalam rangka mewujudkan UKRIDA Unggul di tahun 2024

Lembaga Penjaminan Mutu UKRIDA mengadakan webinar dan workshop tentang Penguatan Mutu UKRIDA pada 9 dan 10 Juni 2022, dengan narasumber Dr. Ir. Hisar Sirait, M.A., yang merupakan Rektor Kwik Kian Gie School of Business, Jakarta.

Strategi dalam memperkuat dan mengejar tuntutan mutu Perguruan Tinggi adalah dengan menjalankan SPMI (Sistem Penjaminan Mutu Internal) dan SPME (Sistem Penjaminan Mutu Eksternal), serta melengkapi dokumen mutu. Dalam pemaparannya, narasumber menjelaskan bahwa SPMI adalah kegiatan sistemik penjaminan mutu pendidikan tinggi oleh setiap perguruan tinggi secara otonom, untuk mengendalikan dan meningkatkan penyelenggaraan pendidikan tinggi yang berencana dan berkelanjutan. 

Selain itu, SPMI diatur dalam Undang-undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, dimana penjaminan mutu dilakukan melalui Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian, dan Peningkatan (PPEPP) standar pendidikan tinggi. Penguatan yang diharapkan adalah kuat dalam komitmen, perencanaan, pelaksanaan, dan tanggungjawab. Tantangan Pendidikan tinggi saat ini adalah pelaksanaan tridharma pendidikan perguruan tinggi, penjaminan mutu SPMI/SPME, merdeka belajar, dan internasionalisasi Perguruan Tinggi dan Program Studi. Dalam SPMI terdapat tiga implikasi, yaitu pelaksanaan, penanggungjawab, dan pengendalian. 

Untuk mencapai tujuan SPMI dalam mewujudkan visi, misi, dan tujuan universitas, maka pelaksanaan SPMI pada setiap aras selalu berpedoman pada prinsip yang berorientasi kepada pemangku kepentingan internal dan eksternal. Selain itu, pelaksanaan SPMI juga mengutamakan kebenaran, tanggungjawab sosial, pengembangan kompetensi personil, partisipatif dan kolegial, keseragaman metode, dan inovasi, belajar dan perbaikan secara berkelanjutan.

Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pemahamanan tentang sistem penjaminan mutu internal perguruan tinggi, tersusunnya dokumen sistem penjaminan mutu di tingkat program studi, menguatkan budaya mutu di UKRIDA, dan mempersiapkan UKRIDA unggul di tahun 2024.

=