Investor Cerdas di Pasar Modal

Publish by Humas  |  13 Juni 2022

all manajemen akuntansi

Program Studi Manajemen dan Akuntansi mengadakan Webinar ”Menjadi Investor Cerdas di Pasar Modal”.

Punya uang lebih serta memiliki harapan masa depan yang cemerlang, tapi masih takut investasi? Pasti hal tersebut dikhawatirkan oleh hampir semua orang. Universitas Kristen Krida Wacana (UKRIDA) mengadakan Webinar, pada hari Jumat, 3 Juni 2022, dengan topik ”Menjadi Investor Cerdas di Pasar Modal”.

Acara yang dihadiri oleh mahasiswa dari Program Studi Manajemen dan Akuntansi angkatan 2021, diadakan secara online melalui zoom meeting, dengan Hendry Wijaya, S.E., M.M., selaku Financial Educator Manager Sucor Sekuritas-Alumni FEB UKRIDA dan Hendra Pamungkas Jovianto selaku Market Development Division Indonesia Stock Exchange sebagai narasumber.

Para pembicara mengingatkan bahwa uang yang diinvestasikan bukanlah uang untuk membeli kebutuhan pokok, sehingga uang yang diinvestasikan merupakan dana yang dititipkan untuk ditabung di saham. Berinvestasi pada saat ini merupakan sesuatu yang menjanjikan, tetapi janganlah menjadi seorang investor yang panic buying, panic selling, atau mengikuti trend saja.

Orang yang melakukan investasi di saham harus cermat dan harus melihat analisis fundamental dengan baik. Narasumber menjelaskan bahwa investasi adalah orang yang mengalokasikan uang, dana, atau modal yang dimilikinya dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan lebih besar di masa mendatang.

Keuntungan merupakan tujuan dari investasi. Apabila membeli barang pada saat ini dan menjual barang tersebut di masa mendatang, maka harapan orang tersebut memperoleh keuntungan dari harga barang yang dijual, hal inilah yang disebut dengan Capital Gain (mendapatkan keuntungan dari harga jual yang lebih tinggi daripada harga beli).