VUCA Environment

Publish by Humas  |  31 Mei 2022

all magister-manajemen

Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UKRIDA dan RS UKRIDA mengadakan Student Gathering dan Kuliah Umum.

Apa itu VUCA (Volatility, Uncertainty, Complexity, Ambiguity) Environment dan bagaimana kepemimpinan menyikapinya menjadi pembahasan dalam kuliah umum “Leadership and Trust in VUCA Environment” oleh Dr. dr. Fushen, M.H., M.M. FISQua, dan Student Gathering, yang diadakan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Program Studi Magister Manajemen UKRIDA.

Acara diikuti oleh 150 orang peserta secara onsite di Auditorium Kampus I UKRIDA dan melalui Zoom, pada 21 Mei 2022. VUCA environment berasal dari situasi perang. Situasi yang mengalami perubahan dengan cepat, tidak dapat diprediksi, dipenuhi ketidakpastian, kompleks, dan diluar ekspektasi.

Kondisi seperti ini tergambar ketika seorang atasan yang memberikan tugas kepada rekan maupun bawahannya, bisa saja terjadi kebingungan siapa yang bisa diandalkan di bidang tertentu.

Ketika kepercayaan didapat, kita dapat mengenali seseorang secara lebih mendalam

Leadership dan trust sebagai kuncinya, dimulai dari active listening, observation, build connection, dan knowing each others. Melatih leadership skills dilakukan melalui kemampuan yang dimiliki, melihat apa yang ada di sekitar kita dan pelajari hal baru meskipun tidak menyukainya.

Selanjutnya, dapatkah sebuah kepercayaan dibangun? Kepercayaan terbentuk dari authenticity, logic, dan empathy. Ketika kepercayaan didapat, kita dapat mengenali seseorang secara lebih mendalam. Tolok ukur kepercayaan dapat terlihat dari bagaimana melihat fenomena apa yang terjadi, merencanakan cara yang solutif, dan membuat management trust dengan adaptive leadership.

Bangunlah kepercayaan dari meyakini diri sendiri, mengubah pola pikir, dan mempertanyakan kembali apakah orang lain mempercayai saya. Selain itu, perlu juga dibangun kepercayaan diri dengan membuka diri dan melakukan evaluasi diri.