Profil Lulusan Optometri UKRIDA

Publish by Humas  |  19 Mei 2022

all optometri

Sarasehan Profil Lulusan Program Studi Optometri UKRIDA dari Praktisi, Entrepreneur, dan Scientist

Program studi Optometri menyelenggarakan acara sarasehan dan dengar pendapat mengenai profil lulusan yang diharapkan oleh para pengguna lulusan pada 13 Mei 2022. Acara berlangsung di Auditorium Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) UKRIDA, dan dihadiri oleh Rektor UKRIDA, Dr. dr. Wani Devita Gunardi, Sp.MK (K) beserta jajaran rektorat, Dekan FKIK Ukrida, dr. Antonius Ritchie Castilani, M.Si., DFM beserta jajaran dekanat, serta para undangan, baik dari lembaga profesi, institusi, juga para pimpinan serta wakil pimpinan dari perusahaan, industri dan pelayanan kesehatan. Tujuan sarasehan ini adalah pemutakhiran kerangka profil lulusan terkini yang relevan dengan kebutuhan akan sumber daya manusia di bidang optometri, baik di bidang industri perkacamataan maupun fasilitas kesehatan yang sejalan dengan perkembangan teknologi dan tuntutan zaman. Karena itu, diperlukan kajian melalui sarasehan dan dengar pendapat dengan para pemangku kepentingan. 

Sarasehan ini disambut baik, terlebih oleh pemangku kepentingan, yang terdiri dari lembaga profesi, institusi, dan juga dari industri, yang mengharapkan agar para lulusan dapat diandalkan untuk menjawab tuntutan di lapangan. Selain itu, saat ini kebutuhan akan tenaga Optometris profesional dan handal masih sangat tinggi, apalagi Optometris yang dapat berkompetisi dengan tenaga Optometris dari luar negeri. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa para pengguna lulusan mengharapkan profil lulusan Sarjana Terapan Optometri FKIK UKRIDA dapat berkiprah dan berperan dalam tiga hal pokok, yaitu sebagai praktisi, entrepreneur, dan juga scientist, sehingga bisa menjadi paripurna dan menjawab kebutuhan zaman. 

Tentu saja untuk menghasilkan profil lulusan tersebut bukanlah hal mudah walaupun bukan suatu hal yang mustahil. Diperlukan usaha dan juga dukungan dari berbagai pihak mengingat Program Studi Optometri masih sangat muda. Hal ini juga yang ditekankan oleh Rektor saat memberikan pesan sekaligus menutup acara sarasehan.

 

=