Rumah Sakit Masa Depan

Publish by Humas  |  19 Mei 2022

all kedokteran manajemen magister-manajemen

Magister Manajemen FEB Ukrida bekerja sama dengan Ikatan Alumni FK Ukrida dalam rangka memperkenalkan Konsentrasi Manajemen Rumah Sakit di MM Ukrida

Webinar Manajemen Rumah Sakit  dalam Masa Endemik covid-19 berlangsung pada 14 Mei 2022, yang diselenggarakan oleh Magister Manajemen FEB Ukrida bekerja sama dengan Ikatan Alumni FK Ukrida menghadirkan dr. William MMRS & dr. Suryo Wibowo MKK Sp.Ok. sebagai pembicara. "Ketika terjadi pandemi atau endemik pasien memiliki help aware yang meningkat,” demikian pernyataan dr. William memulai sesinya. Banyak kecemasan dan pertanyaan dari pasien yang baru sehingga menimbulkan banyak sekali persepsi dan trust issue atas Rumah Sakit, karena itu Rumah Sakit harus rajin eksplorasi kemungkinan-kemungkinan yang mampu membangun trust dan patient experience.

Rumah Sakit Masa Depan perlu memperhatikan 3 hal, yaitu patient safety, staff safety & Environment Safety. Beberapa rumah sakit sudah menerapkan 3 hal tersebut, dan dampaknya menumbuhkan experience baru bagi seorang pasien, rasa aman dan merasa diperhatikan, serta meningkatkan ketulusan dari masing-masing staf medis. Tidak hanya pasien, seorang staf juga perlu diperhatikan keselamatannya. Oleh karena itu, training bersertifikasi sangat diperlukan, selain ketulusan dan kesadaran dari masing-masing staf medis. Selain itu, aspek environment safety juga sangat diperlukan. Tidak jarang rumah sakit kurang memperhatikan hal ini, seperti pencahayaan dan tata udara yang kurang baik. Oleh karena itu, design rumah sakit sangat perlu diperhatikan, karena akan berdampak terhadap kenyamanan juga kepercayaan pasien.

Sesi berikutnya dibawakan oleh dr. Suryo Wibowo, dimana pada sesi ini ditekankan mengenai pengendalian udara untuk mengendalikan endemik COVID-19. Ventilasi dan Dilusi sangat penting karena ventilasi merupakan pernapasan bagi penghuni bangunan. Terdapat tiga jenis ventilasi, yaitu ventilasi alamiah (jendela), ventilasi mekanikal, dan ventilasi hybrid (campuran). Perlu diketahui bahwa udara yang masuk ke dalam ruangan mampu mengencerkan kadar kontaminasi virus di dalam suatu ruangan tersebut, kemudian udara tersebut dibuang. Pola distribusi dalam ruangan yang diharapkan adalah terjadinya displacement ventilation, yaitu teknologi distribusi udara yang memasukkan udara dingin ke dalam zona dengan kecepatan rendah, biasanya juga pada tingkat rendah, umum ditemukan di Negara Eropa. Pola ini berguna sekali untuk tidak mencampurkannya udara di ruangan. Ultraviolet Germicidal Irradiation (UVGI) merupakan ultraviolet yang banyak digunakan di masa pandemi covid-19 dimana ultraviolet C paling efektif untuk virus. Ultraviolet dapat dipasang di dalam sistem heating, ventilation, and air-conditioning (HVAC) dan juga dipasang di upper room (ruang perawatan) atau di koridor dengan protokol dan panduan pemasangan yang ada.