Human Capital Management di New Normal Era

Publish by Humas  |  17 Mei 2022

all manajemen

Webinar diselenggarakan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis UKRIDA pada 11 Mei 2022 bersama Pungki Punardi, S.T.,M.M.,MHRM

Era New Normal telah mengubah dunia menjadi serba digital dan cepat, termasuk dunia bisnis, mulai dari sumber daya manusia hingga pengelolaannya. Human Capital Management pun berubah dalam pengelolaan sumber daya manusia menjadi less people big impact. Bekerja dengan jumlah pekerja yang minim dan memberikan dampak besar bagi sebuah perusahaan. 

Kunci ABCDEF menjadi business trend di era New NormalAgile (A) menjadikan bisnis cepat berubah berdasarkan trend. Borderless, tidak mengenal batas negara dalam berelasi bisnis. Collaboration memberikan kesempatan bagi orang yang memiliki keterampilan yang dibutuhkan. Digital disruption membantu pekerjaan melalui media serba digital. Efficient and effective memberikan ruang bagi siapapun untuk berkembang. Flexible working hours membuat pekerjaan menjadi lebih fleksibel dan bisa dikerjakan dimana saja.

Labour market mementingkan produktivitas yang menjadi sebuah inovasi baru sebagai terobosan dalam suatu projectProject justru memerlukan siapapun yang bisa diajak bekerjasama dan bisa memberikan keterampilan yang dimiliki. Visi dalam perusahaan menjadi anchor untuk melihat kesempatan baru. Kesempatan ini digunakan untuk bisa menciptakan market value dan aturan main maupun kebijakan baru.

Human Resource (HR) yang biasa dikenal sebagai sumber pemberdayaan manusia harus menjadi multi capabilityHuman Resource perlu memiliki strategi adaptif, fleksibel, prediktif, responsible, membantu membuat tools, pembelajaran, dan human technology solution. Selain menjadi pengelola sumber pemberdayaan manusia, Human Resource bisa menjadi business partner. Tenaga kerja juga perlu memiliki strategi upskillingreskilling, dan reinvention. Melalui strategi ini, tenaga kerja bisa mengembangkan keterampilan mereka melalui sebuah pelatihan hingga mereka bisa menemukan inovasi baru.