Teknologi Peredam Gempa

Publish by Humas  |  29 Maret 2022

all teknik-sipil

Teknik Sipil UKRIDA berpartisipasi dalam pameran di Indo Build Tech Expo 2022 Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City

Indonesia secara geografis berada di kawasan yang rawan gempa, sehingga perlu upaya untuk mengantisipasi dan mencegah kerusakan tingkat tinggi pada bangunan akibat gempa. Untuk itu, diperlukan perangkat peredam gempa, dan sayangnya bantalan karet peredam gempa yang saat ini digunakan masih diimpor walaupun Indonesia merupakan negara penghasil karet terbesar kedua di dunia. 

Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil UKRIDA berpartisipasi dalam pameran di Indo Build Tech Expo 2022 Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City dari tanggal 22 - 27 Maret 2022. Adapun pada pameran ini, yang ditampilkan berupa kinerja dari  meja getar, aspal pori, beton pori, dan elastrometic base isolator. Dr. Ir. Usman Wijaya, dosen Teknik Sipil UKRIDA memaparkan hasil penelitiannya melalui seminar terbuka dengan judul "Bantalan Karet Peredam Gempa Murah untuk Perumahan Rakyat di Wilayah Rawan" pada hari Rabu, 23 Maret 2022. Tujuan dari penelitian Dr. Ir. Usman Wijaya adalah agar bantalan peredam gempa mudah diperoleh dengan harga yang murah dan dapat digunakan oleh berbagai kalangan. Bantalan karet yang digunakan telah diuji dengan hasil layak untuk digunakan melalui H-60 LCRI Vertical Test. Pengujian pernah dilakukan di Malaysia dan karet yang digunakan mampu meredam gaya gempa. Oleh karena itu, terbukti bahwa kualitasnya tak kalah dengan produk premium dengan nilai damping sebesar 12,67%. Saat ini bantalan peredam gempa terus dikembangkan di Laboratorium Teknik Sipil UKRIDA, dan sedang dilakukan pengujian untuk pengajuan hak patennya.

=