Remaja Seperti Apakah Anda?

Publish by Humas  |  23 Maret 2022

all psikologi

Kolaborasi UKRIDA dan SMAK Kalam Kudus Sukoharjo 18 Maret 2022. Webinar dibawakan secara interaktif oleh Pinkan Margaretha, M.Psi, Psikolog, dosen Fakultas Psikologi UKRIDA

Masa transisi seseorang terjadi saat usia anak-anak mulai memasuki usia dewasa muda, dan di saat ini mereka mengalami perubahan fisik dan sosial emosional yang belum pernah ia rasakan. Pada perubahan fisik yang dinamakan “pubertas”, hormon reproduksinya akan aktif sehingga mempengaruhi bentuk fisik, suasana hati dan emosi, serta kepercayaan dirinya. Di tahap ini remaja merasa persepsi orang mengenai dirinya sangatlah penting, karena merasa butuh untuk diterima teman sebayanya. Berbagai cara mereka lakukan, salah satunya berusaha mengikuti trend yang sedang ada, sehingga berdampak pada para remaja yang selalu membandingkan keadaannya dengan pencapaian orang lain. Sebenarnya yang dicari pada masa transisi ini adalah identitas atau jati diri, mencari peran mereka di masyarakat, dan mencoba berbagai hal untuk menemukan bakat mereka. Di masa transisi ini sangat penting bagi para remaja untuk menjaga fisik dengan cara menerapkan gaya hidup sehat. Selain itu, menjaga kesehatan psikis, yaitu membangun relasi sehat dengan orang-orang terdekat, seperti teman dan keluarga, mengembangkan bakat dan minat, menggunakan internet dengan bijak, dan memilih acuan prinsip hidup.

Demikian inti kegiatan webinar kolaborasi UKRIDA dan SMAK Kalam Kudus Sukoharjo 18 Maret 2022. Webinar dibawakan secara interaktif oleh Pinkan Margaretha, M.Psi, Psikolog, dosen Fakultas Psikologi UKRIDA, dengan menggunakan aplikasi slido.com untuk mengetahui respon suara peserta yang berjumlah 132 orang. Selain itu juga ditampilkan video agar peserta semakin memahami materinya, seperti “Empat Tanda Utama Kamu Mengalami Pubertas” dari channel Youtube Terangi Dunia, dan “Why Comparing Yourself On Social Media” dari channel Youtube Kok-Bisa. Tujuan webinar ini agar para siswa sebagai remaja lebih memahami masa transisi yang sedang dialami.