Parenting, Sebuah Seni

Publish by Humas  |  08 Maret 2022

all psikologi

Webinar kolaborasi UKRIDA dengan SMAK 7 Penabur "Pentingnya Edukasi Pola Didik Anak"

Parenting merupakan sebuah seni atau pola orang tua dalam mendidik anak, dan orang tua tentunya memiliki cara mendidik yang bervariasi. Berbagai bentuk pola orang tua dalam mendidik anaknya, yaitu sebagai pengawas, siap siaga, memberikan kebebasan, mengabaikan, memiliki banyak aturan, suportif maupun menjadi role model bagi anaknya. Namun, berbagai pola didik tiap orang tua didasari oleh karakter mereka. Mendidik anak ibarat seperti merawat tanaman yang memerlukan perawatan yang berbeda untuk setiap jenisnya, karena itu harus menyesuaikan dengan kondisinya. 

Komunikasi yang efektif dan manajemen waktu  adalah kunci penting bagi orang tua dalam memperhatikan perkembangan anak

Seiring berjalannya waktu, seorang anak memiliki permasalahan pada tahapan yang dilaluinya. Komunikasi yang efektif dan manajemen waktu adalah kunci penting bagi orang tua dalam memperhatikan perkembangan anak. Dalam membantu anak untuk menyelesaikan masalah, orang tua perlu mencari tahu penyebab masalah dengan fokus pada masalah lalu meredakan emosi anak. Tips dalam mengendalikan emosi orang tua maupun anak dengan latihan pernapasan, mengalihkan beban pikiran dengan meletakkannya di dalam container yang memiliki label tertentu, dan menenangkan diri dengan kalimat positif.

Demikian inti kegiatan Webinar kolaborasi UKRIDA dengan SMAK 7 Penabur Jakarta Sabtu, 5 Maret 2022 yang berlangsung selama 2 jam melalui Zoom. Webinar ini dibuka oleh Ibu Bernadette Rusmini sebagai guru BK dari SMAK 7 Penabur. Jovita Maria Ferliana, M. Psi, Psikolog, dosen Fakultas Psikologi Ukrida menjadi narasumber dalam kegiatan ini. Webinar ini diikuti sekitar ± 40 orang yang terdiri dari guru dan orang tua siswa. Tujuannya untuk meningkatkan peran pendampingan orang tua terhadap anak dalam menghadapi era New Normal.

=