Siap Menjadi Pemimpin

Publish by Humas  |  15 Februari 2022

all

Kolaborasi SMAK Penabur Summarecon Bekasi dan Ukrida mengadakan sesi Latihan Dasar Kepemimpinan pada Kamis, 10 Februari 2022

Kata atau istilah Kepemimpinan sudah sangat sering kita dengar, bahkan beberapa buku tentang kepemimpinan tidak asing lagi bagi kita. Di kalangan kaum muda ada sosok atau figur kepemimpinan yang menjadi idola. Tetapi sebenarnya ada potensi dalam diri setiap orang muda untuk bisa memimpin. Karena itu, perlu ada sarana maupun kesempatan yang bisa mengasah potensi kaum muda. Berkolaborasi dengan SMAK Penabur Summarecon Bekasi, UKRIDA mengadakan sesi Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK), yang diikuti oleh pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS), pada tanggal 10 Februari 2022. Sebagai fasilitator dalam  LDK ini adalah Prasasti Perangin Angin, S.Pd., M.Div., M.M., Kepala Unit Pengembangan Karakter UKRIDA. Kegiatan ini secara antusias diikuti oleh sekitar 50 orang siswa termasuk beberapa guru pendamping.

Jika seseorang tidak dapat memimpin dirinya sendiri, maka ia tidak dapat memimpin orang lain

Dalam paparannya, fasilitator mengawali dengan mengingatkan kata-kata dari Napoleon Bonaparte (1769-1821), seorang pemimpin Perancis yaitu…”Jika seseorang tidak dapat memimpin dirinya sendiri, maka ia tidak dapat memimpin orang lain”.  Selain itu disampaikan juga tentang konsep kepemimpinan yang berintegritas (satunya kata dengan perbuatan) menurut Alkitab, dengan penekanan bahwa ada unsur melayani di dalam diri seorang yang memimpin. Semua ini memang dimulai dari diri sendiri dengan melatih potensi, kemudian memotivasi rekan-rekannya yang lain untuk mencapai tujuan bersama. Organisasi di sekolah bisa menjadi ajang yang sesuai untuk melatih kepemimpinan, melalui bagaimana menumbuhkan kepercayaan anggota, membangun semangat, memiliki komitmen dan kedisiplinan diri. Oleh karena itu, berlatih untuk memimpin diri sendiri merupakan langkah awal sebelum memimpin orang lain. Kutipan dalam surat I Timotius 4: 12 “Janganlah seorang pun menganggap engkau rendah karena engkau muda. Jadilah teladan bagi orang-orang percaya dalam perkataanmu, dalam tingkah lakumu, dalam kesetiaanmu dan dalam kesucianmu”, menjadi dasar bagi kaum muda. Siapkah bersama UKRIDA ikut menjadi pemimpin yang memberi impact baik?

=