30 Desember 2021

UKRIDA Peringkat Pertama Penelitian Dampak Implementasi Program Kampus Merdeka

Publish by Humas

UKRIDA merupakan salah satu perguruan tinggi swasta penerima bantuan pendanaan program penelitian kebijakan merdeka belajar kampus merdeka (MBKM) dan pengabdian masyarakat berbasis hasil penelitian purwarupa PTS Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi dan Riset Teknologi tahun anggaran 2021. Sesuai dengan tema yang diangkat dari bantuan dana yang diberikan, UKRIDA berkesempatan melakukan penelitian yang secara khusus mengidentifikasi dampak dari program MBKM yang sudah berjalan di level universitas, dan disaat yang sama juga mendukung pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat berdasarkan hasil penelitian.

Puncaknya, melalui seminar hasil dan pemilihan penelitian dan pengabdian masyarakat terbaik yang dilaksanakan secara daring pada 30 Desember 2021, terpilih 20 penelitian dan 20 pengabdian masyarakat terbaik dari berbagai PTS penerima dana bantuan, yang selanjutnya diminta untuk mempresentasikan hasil luarannya untuk dilakukan penilaian dan umpan balik oleh dewan pakar terpilih. Hasilnya, UKRIDA memperoleh peringkat pertama dengan total skor 820 untuk penelitian.

UKRIDA memperoleh peringkat pertama dengan total skor 820 untuk penelitian

Penelitian yang diusung UKRIDA mengangkat topik pengembangan model dinamika partisipasi dan kepuasan mahasiswa dalam program MBKM serta perumusan kerangka ekosistem digital learning yang menunjang pembelajaran partisipatif kolaboratif, diketuai oleh Dr. Lidia Sandra, S.Psi, S. Kom, M.Comp.Eng.Sc dan melibatkan anggota tim dari lintas bidang keilmuan.

Hal tersebut tentunya menjadi kebanggaan tersendiri buat UKRIDA karena melalui penelitian yang sudah dilakukan terkait pelaksanaan MBKM, UKRIDA mendapatkan wawasan lebih mendalam terkait apa saja yang menjadi faktor-faktor pendukung maupun penghambat sehubungan dengan kualitas implementasi dan pelaksanaan program MBKM di level universitas. Karena jelas program MBKM sendiri dicanangkan sebagai jawaban terhadap tuntutan kompetensi di era revolusi industri 4.0, dan perolehan peringkat pertama untuk hasil penelitian sebagai bukti dan wujud nyata UKRIDA untuk dapat mengimplementasikan program MBKM yang berkesinambungan dan mendukung kemajuan pendidikan nasional Indonesia.

Tags:

all mbkm