23 Desember 2021

Ukrida Berkontribusi Menghadirkan Sekolah Gratis Siap Digital

Publish by Humas

Sekolah Sinar Kasih berada di kampung cina RT 01/09 Tajurhalang Bogor Jawa Barat. Yayasan ini mengemban visi ‘Kasih untuk menjangkau dan memajukan umat manusia kepada Tuhan’. Visi yayasan ini diterjemahkan dalam visi sekolah yakni ‘Menjadikan lembaga pendidikan yang Seimbang dalam Ilmu, Iman dan Pengabdian kepada Tuhan dan sesama manusia’.

Sekolah Sinar Kasih hadir untuk memberikan layanan pendidikan gratis kepada masyarakat wilayah Kampung Cina. Ketua yayasan, Deny Sahetapy  menuturkan, puji Tuhan sampai sekarang sekolah bisa berdiri tanpa memungut biaya dari siswa. Masyarakat di Kampung Cina banyak yang tidak melanjutkan pendidikan formal. Bahkan lulusan S1 dari kampung ini dapat dihitung jari, ujarnya.  Karena itulah sekolah ini hadir agar orang tua mau menyekolahkan anaknya dan menjadi kesempatan bagi kemajuan anak-anak di sekitar wilayah Kampung Cina. Meskipun sekolah gratis, sekolah punya impian menjadi sekolah digital. Dalam rangka itulah SD dan SMP Sinar Kasih menyambut dengan gembira kerjasama pengabdian masyarakat dengan Ukrida. Oleh karena itu Pada 20-21 Desember 2021 dilaksanakan pelatihan untuk seluruh guru bertempat di Hotel Papyrus Tropical Bogor. Pelatihan ini dihadiri oleh 18 guru SD, SMP Sinar kasih. 

Materi pelatihan dimulai dengan pembahasan filosofi pendidikan, pendidikan karakter, kepemimpinan seorang guru, penulisan silabus kreatif serta pedagogi kreatif. Pada hari kedua pembahasan banyak ke ranah praktis mulai dari metode pembelajaran aktif, digital literasi, dan platform learning management system google classroom.

Diharapkan masyarakat Kampung Cina mampu melihat pentingnya pendidikan dan melihat hari depan melalui pendidikan.

Pelatihan ini menghadirkan pembicara, Denni Boy Saragih, Phd, Yanny Yeski Mokorowu, M.Hum, Aswin Simatupang, M.Fil, Florensia Rosani Purba, M.Si, dan Daniel Hutapea, S.M. Meskipun acara pelatihan sangat padat, guru-guru sangat antusias mengikuti pelatihan. Pelatihan menggunakan metode student center dimana guru-guru banyak berlatih, berdiskusi, dan memberikan pandangan tentang topik pembahasan. Melalui evaluasi dan posttest, Guru-guru SD dan SMP Sinar Kasih dapat menerapkan digital learning dengan landasan pedagogik yang mumpuni. Sehingga murid-murid semakin antusias karena integrasi digital literasi dalam proses pembelajaran. 

Bantuan pendanaan berupa aset LCD projector, komputer,  peningkatan internet sekolah dan alat penunjang pembelajaran lainnya . Proses serah terima sendiri akan dilakukan dengan dihadiri pemerintah desa setempat hingga pengurus RT untuk memastikan bahwa seluruh aset yang diserahkan dapat dipergunakan untuk kemajuan masyarakat Kampung Cina. Hal ini bagian dari pelaksanaan hibah pengabdian masyarakat  bantuan pendanaan program kebijakan merdeka belajar kampus merdeka berbasis hasil penelitian dan purwarupa PTS. 

(C) Marketing-PR/Prasasti Perangin Angin

Tags:

all lppm mbkm