27 Agustus 2021

Jangan Takut Masuk Akuntansi UKRIDA! Selesaikanlah Apa yang Telah Kamu Mulai

Publish by Humas

Fakultas Ekonomi dan Bisnis UKRIDA khususnya Program Studi Akuntansi menghadirkan 2 narasumber hebat yang merupakan Alumni Program Studi Akuntansi dalam acara Alumni Talk pada tanggal 13 Agustus 2021. Alumni Talk ini juga dimoderatori oleh alumni S1 Akuntansi UKRIDA juga dan Sekretaris Program Studi Akuntansi, yaitu Ibu Febriani C. S Magdalena, SE., M.S.Ak.. Acara ini wajib diikuti oleh Program Studi Akuntansi angkatan 2021 untuk menambah insight melalui pengetahuan dan pengalaman para alumni Program Studi Akuntansi Akuntansi yang telah sukses dalam dunia pekerjaan mengenai dunia seputar akuntansi. Acara ini diikuti oleh 173 partisipan zoom yang terdiri dari beberapa angkatan serta dari luar Program Studi Akuntansi. Alumni Talk kali ini bertemakan Perkembangan Profesi Akuntan. Tentunya, acara yang dilaksanakan Program Studi Akuntansi ini sangat menarik karena dapat terbukti dari banyaknya partisipan zoom dan rasa keingintahuan yang tinggi para partisipan zoom kepada pengalaman belajar dan kerja narasumber.

Narasumber pertama adalah Julianto Firman atau dapat dipanggil Kak Julianto merupakan alumni S1 Akuntansi UKRIDA tahun 2008 yang saat ini menjadi direktur di Scaffolding888. Setelah beliau selesai menempuh S1 akuntansi UKRIDA, pengalaman beliau banyak karena beliau pernah menjadi internal auditor, menempuh kuliah S2 IT di Swinburne University of Technology, dan memiliki usaha di bidang konstruksi.

Alasan yang menarik Kak Julianto Firman menjadi bagian dari akuntansi UKRIDA adalah karena terinspirasi dari kesuksesan orang tua dalam bidang akuntansi hingga pada akhirnya beliau memilih konsentrasi akuntansi audit. “Mencari kesalahan orang kemudian membenarkan apa yang salah menjadi lebih baik serta bisa jalan-jalan” alasan utama Kak Julianto Firman mengambil konsetrasi tersebut.

Narasumber kedua adalah Novi Miranda atau Kak Novi merupakan alumni S1 Akuntansi UKRIDA konsentrasi audit tahun 2014 yang saat ini menjadi Business Representative PT Mitra Integrasi Informatika (member of PT Metrodata Electronics, Tbk). Beliau memiliki pengalaman menjadi tax accounting saat kuliah sehingga membuat beliau memiliki pengetahuan yang banyak mengenai bidang akuntansi.

Ka Novi juga memaparkan alasannya memilih akuntansi, yaitu karena memiliki passion suka hitung-hitungan, bidang akuntansi itu sangat luas, karir yang cerah, dan memiliki keinginan untuk dapat mengatur cash flow keuangan pribadi.

Kedua narasumber memaparkan pengetahuan dan pengalaman mereka dengan sangat baik dalam bidang akuntansi. Narasumber mengatakan profesi akuntan itu sangat penting karena tidak ada usaha atau bisnis tanpa memiliki orang akuntansi, terutama perusahaan medium to big. Mereka juga mengatakan mata kuliah di Program Studi Akuntansi UKRIDA relate dengan dunia pekerjaan, seperti perhitungan PPH yang bisa didapatkan dalam mata kuliah pajak. Orang akuntansi atau yang bisa disebut akuntan bisa kerja dimana pun, kapan pun, dan tak terbatas. Sebagai contoh adalah dalam mengetahui saham yang belakangan ini menjadi topik pembicaraan anak muda juga butuh ilmu akuntansi untuk melihat rasio-rasio keuangan, seperti Debt to Equity Ratio (DER) dan Price to Earning Ratio (PER).

Bidang akuntansi merupakan bidang ilmu yang sangat luas dengan prospek karir yang beragam.

Kedua narasumber memberikan pesan-pesan yang sangat penting kepada mahasiswa S1 Akuntansi UKRIDA terutama kepada mahasiswa baru untuk tetap semangat belajar dan tidak pantang menyerah. Memperjuangkan hard skill saja dengan berkuliah itu tidak dapat sepenuhnya menjamin keberhasilan seseorang tanpa diiringi dengan soft skill. Narasumber mengingatkan bahwa kita harus fokus dengan apa yang disukai dan memiliki target masa depan yang dapat dirancang mulai dari saat ini.

“Rata-rata orang yang sukses di karirnya, rata-rata sudah punya target. Dengan mempunyai target, apa yang dilakukan hari ke hari, minggu ke minggu akan mengincar target tersebut. UKRIDA juga mengadakan jobfair bagi kalian yang belum memiliki target” ungkap Kak Julianto

Belajar adalah proses yang tidak akan pernah berhenti untuk menghadapi dunia yang hampir dikuasai oleh teknologi digital. Akuntan tidak boleh kalah dengan teknologi karena seharusnya teknologi yang akan membantu pekerjaan akuntan. Teknologi berperan untuk mengumpulkan data, akuntan berperan dalam analisis data hingga pengambilan keputusan masalah-masalah keuangan yang memiliki peran yang sangat signifikan dalam perusahaan.

Narasumber juga mengingatkan agar mahasiswa lebih siap menghadapi dunia pekerjaan bahwa selagi kuliah sebisa mungkin memperbanyak portofolio untuk melengkapi CV, memiliki media sosial profesional, dan memperbanyak koneksi atau social skill.

“Tetap semangat saat pandemi, doing the best, selesaikan apa yang telah dimulai, dan jangan berhenti belajar” pesan Kak Novi untuk menutup sesi Alumni Talk kali ini.

Demikian acara Alumni Talk 2021 yang telah berlangsung dengan sukses dan lancar. Prodi Akuntansi FEB UKRIDA berharap melalui paparan kedua narasumber dapat memberikan pengetahuan dan bekal bagi mahasiswa untuk lebih siap memulai perkuliahan di prodi akuntansi dan memiliki pandangan mengenai dunia pekerjaan.

Tags:

all akuntansi