05 Agustus 2021

Kesuksesan Penyelenggaraan KIA VIII

Publish by Humas

Universitas Kristen Krida Wacana menjadi tuan rumah pada acara Konfrensi Ilmiah Akuntansi VIII (KIA VIII) pada hari Kamis-Jumat, 29-30 Juli 2021. KIA VIII merupakan progam rutin dari Ikatan Akuntan Indonesia Kompartemen Akuntan Pendidik (IAI KAPd) yang bekerja sama dengan perguruan tinggi. KIA VIII terselenggara dengan tujuan untuk memberikan wadah bagi para peneliti dalam berbagi dan berdiskusi hasil penelitian mereka, serta membangun relasi sesama perguruan tinggi lain yang ikut serta dalam acara KIA VIII ini. Sebagai tuan rumah, Rektor UKRIDA, Dr. dr. Wani Devita Gunardi, Sp.MK (K) menyampaikan kata sambutan dan Dekan FEB Ukrida, Dr. Melitina Melitina Tecoalu, SE., MM., CFP® memberikan closing remarks.

Acara KIA VIII berlangsung selama dua hari, dengan mengundang Bapak Nadiem Anwar Makarim yang diwakili oleh Ibu Dr. Ir. Paristiyanti Nurwardani, MP dan juga mengundang Prof Bambang Brodjonegoro, Ph.D sebagai keynote speaker dengan tema Implementasi Kampus Merdeka dalam Kurikulum Akuntansi. Hadir juga Prof. Dr. Mardiasmo, MBA, Ph.D selaku Dewan Pengarah Nasional IAI memberikan arahan. Terdapat tiga sesi webinar terkait tema Kampus Merdeka yang dibawakan oleh para narasumber handal, diantaranya Dr. Ancella A. Hermawan, MBA., CA., ACMA., CGMA - Ketua Departemen Akuntansi Universitas Indonesia, Prof. Dr. Dian Agustia, SE., M.Si., Ak., CA., CMA - Ketua IAI-KAPd, Prof. Dr. Amilin, SE., Ak., CA., QIA., BKP., CMRP. Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Jakarta, Dudi Muhammad Kurniawan, Ak, MBA, CA, CPA, ASEAN CPA, FCPA (Aust) - Partner Ernst & Young Indonesia, dan Mery Sofi - Deputi CEO PT. AKR Corporindo Tbk yang juga merupakan alumni Program Studi Akuntansi UKRIDA. Sesi webinar dimoderatori oleh Sesi webinar dimoderatori oleh Dr. Oktavia, SE., M.S.Ak - Wakil Rektor 2 UKRIDA dan juga Alumni Program Studi Akuntansi UKRIDA, Dr. Temy Setiawan, S.E., Ak., M.Ak., CA., CIBA – Dosen Tetap Program Studi Akuntansi Universitas Bunda Mulia, dan Prof. Dr. Wiwik Utami, M.Si., Ak., CA, CMA – Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mercu Buana. Hari kedua dilanjutkan dengan presentasi hasil penelitian dari para peneliti, dosen, dan mahasiswa. Terdapat 272 artikel yang disubmit pada KIA VIII. Acara KIA VIII didukung oleh 32 jurnal mitra, dimana 25 mitra jurnal tersebut sudah terakreditasi Sinta.

"Penyelenggaraan KIA VIII secara online menjadi sebuah tantangan tersendiri. Antusias para pemakalah dan peserta menjadikan acara ini semakin meriah dan bermakna. Terima kasih kepada berbagai pihak yang telah mendukung terselenggaranya cara ini dengan baik. Semoga acara KIA VIII bermanfaat untuk meningkatkan kualitas kurikulum Program Studi Akuntansi, kualitas penelitan, dan pengembangan ilmu Akuntansi", ungkap Ketua Panitia KIA VIII yang sekaligus merupakan Ketua Program Studi Akuntansi UKRIDA – Dr. Diana Frederica, SE., MAk., CFP®

Terdapat 10 artikel terbaik yang diumumkan pada acara KIA VIII: (1) Disparitas Kompensasi Eksekutif-Karyawan dan Kinerja Bank: Peran Moderasi Technical Complexity. (2) Praktik Pengelolaan Dana Desa: Sebuah Kajian Tentang Akuntabilitas dan Transparansi. (3) Manajemen Rantai Pasok Sapi pada Program Tebar Hewan Kurban Dompet Dhuafa Republika. (4) Aplikasi Pengelolaan Data Nasabah pada Bank Sampah. (5) Pengaruh Tata Kelola Perusahaan Terhadap Kemungkinan Terjadinya Kesulitan Keuangan. (6) Analisis Rekomendasi Pengungkapan Laporan Publik pada Urun Dana (Crowdfunding) Digital Berbasis Donasi. (7) Peran  Corporate Governance dalam Meningkatkan  Risk Reporting: Studi Komparative Perusahaan Indonesia dan Malaysia. (8) Pengaruh Iklim Etika, Lingkungan Sosial, Sikap Wajib Pajak dan Pemahaman Moral Wajib Pajak Terhadap Pemenuhan Kewajiban Perpajakan. (9) Keluasan Pelaporan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Berdasarkan Standar GRI dan Profitabilitas Perusahaan. (10) Agresivitas Pajak dan Ketepatan Waktu Pelaporan Auditor Independen: Struktur Kepemilikan dan Komite Audit Sebagai Pemoderasi.

Universitas Kristen Krida Wacana menjadi tuan rumah pada acara Konfrensi Ilmiah Akuntansi VIII (KIA VIII) 29-30 Juli 2021 yang diikuti oleh 324 peserta dari berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia.

“Ini conference virtual saya yang ke 3 dan harus saya akui paling rapi, panitia responsif dan tepat waktu. UKRIDA mampu menghadirkan suasana offline conference di KIA VIII ini, hingga benar-benar bisa dinikmati dari awal sampai akhir. Kemudahan untuk berpindah room saat sesi paralel, merupakan keunggulan yang mungkin tidak bisa diberikan pada offline conference. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada reviewer, moderator dan pihak-pihak yang terlibat dalam penilaian artikel, karena telah memilih artikel tim saya sebagai the 1st best paper. Dan saya harap KIA selanjutnya bisa mempertahankan proses submission paper by system sebagaimana yang digunakan pada KIA VIII. Saya suka dengan prosesnya.", ungkap Nova Novita., S.E., M.S.Ak - Dosen Tetap Program Studi Akuntansi STIE IBS peraih the 1st best paper pada KIA VIII.

Acara KIA VIII diikuti oleh 324 peserta dari berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia. Penyelenggaraan KIA VIII berkolaborasi dengan 28 Perguruan Tinggi yang terdiri dari Universitas Prasetya Mulya, Universitas Kristen Maranatha, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia, Universitas Pancasila, Institut Bisnis dan Informatika Kosgoro 1957, Universitas Mercu Buana, Institut Keuangan Perbankan dan Informatika Asia Perbanas, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Banking School, Universitas Buana Perjuangan Karawang, Universitas Bunda Mulia, Trisakti School of Management, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta, Universitas Budi Luhur, Universitas Pembangunan Jaya, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, Universitas Trilogi, Universitas Pelita Harapan, Universitas Multimedia Nusantara, Universitas Satya Negara Indonesia, Universitas Negeri Jakarta, Kalbis Institute, Institut Bisnis Nusantara, Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia, Universitas Muhammadiyah Tangerang, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Universitas Esa Unggul, dan PPM School of Management.

"Selamat dan sukses, KIA VIII tahun 2021 di UKRIDA yang didukung oleh 28 Perguruan Tinggi sebagai Co Host. Diseminasi hasil penelitian yang dilakukan oleh para akuntan pendidik dan profesional, akan dilanjutkan dengan publikasi hasil penelitian tersebut. Semoga pelaksanaan KIA VIII bermanfaat untuk meningkatkan kualitas penelitian, pengembangan ilmu dan kesejahteraan manusia", berikut kesan dan pesan dari Ketua IAI KAPd - Prof. Dr. Dian Agustia, S.E., M.Si., Ak., CA., CMA.

“Puji dan Syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT atas limpahan rahmat dan karunianya maka pelaksanaan KIA VIII berjalan dengan baik dan lancar serta tak lupa kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh panitia dan semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan konferensi ini sehingga acara berjalan secara profesional dan menjadi kebanggaan seluruh civitas akademika Program Studi Akuntansi Perguruan Tinggi Wilayah DKI Jakarta.”, kesan dari Koordinator FDAPT – IAI KAPd - Dr. Wiwi Idawati, SE., M.Si.., Ak., CA., ACPA.

(C) Marketing-PR/ Prodi Akuntansi

Tags:

all akuntansi