01 Juli 2021

Educare 2021:“Challenge Yourself to Achieve Your Financial Goals”

Publish by Humas

Educare 2021 yang merupakan program kerja rutin Himpunan Mahasiswa Akuntansi UKRIDA yang dilaksanakan setiap tahunnya dilaksanakan pada Rabu, 16 Juni 2021. Pada tahun ini, HMA menggandeng SMAK BPK Penabur Cirebon yang dilaksanakan melalui zoom meeting. Untuk memulai acara ini diawali oleh kata sambutan dari KaProdi Akuntansi UKRIDA, yaitu Dr. Diana Frederica , S.E., M.AK., CFP®. Acara ini dihadiri oleh 91 participants zoom. Tema Educare kali ini adalah “Challenge Yourself to Achieve Your Financial Goals”.

Financial goals? Apa yang kamu pikirkan ketika mendengar kalimat financial goals?”. Ini adalah salah satu pertanyaan yang dilontarkan oleh pembicara kegiatan HMA Educare 2021, Dr. Diana Frederica , S.E., M.AK., CFP®.

Financial goals saya adalah financial freedom saya tercapai yaitu ketika saya ingin membeli barang apa pun  tidak perlu memikirkan kekurangan uang” saut MC pada acara hari itu.

Pada awal penyampaian materi diilustrasikan mengenai efek diderot yang muncul ketika kitabersosialisasi. Ketika kita bersosialisasi tentunya kita berkeinginan memiliki standar yang sama dengan orang lain. Namun, pembicara menyampaikan bahwa jika kita mengikuti keinginan kita untuk membeli sesuatu kita pasti boros karena itu kita harus memperhatikan bahwa kita butuh atau hanya ingin. Kita harus memilah mana kebutuhan kita dan mana yang hanya menjadi keinginan kita. Kemudian, paparan materi dilanjutkan bahwa financial freedom dapat tercapai kalau kita memiliki financial planning yang baik khususnya cash flow management. Agar tercapainya financial freedom ada 8 langkah yang perlu dilakukan, yaitu catat semua pengeluaran, hilangkan pengeluaran yang tidak perlu, pelajari skill cari duit, ciptakan sumber income baru, sisihkan incomemu, investasikan uang mu secara bijaksana, investasikan ulang hasilnya, serta hidup dengan passive income.

Melalui program kerja rutin tahunan, Himpunan Mahasiswa Akuntansi menggandeng SMAK BPK Penabur Cirebon dalam memberikan edukasi mengenai Financial Goals 

Berbicara kembali mengenai cash flow management, ada beberapa tips yang dibagikan pembicara tentang bagaimana cara mengatur keuangan. Adapun tipsnya adalah jangan pernah bergantung pada satu sumber penghasilan dan mulailah berivestasi, jangan membeli barang yang sebenarnya tidak diperlukan, jangan menabung dari sisa belanja tetapi belanja dari sisa menabung, hindari utang, jangan letakkan semua telur dalam satu keranjang lakukan diversifikasi, serta buatlah anggaran.Salah satu tips mengatur keuangan adalah dengan menabung, yaitu dengan cara menambah income atau mengurangi pengeluaran sehingga nantinya akan tercapai penghasilan = pengeluaran. Selain itu, dapat dilakukan juga dengan manajemen utang.

Materi yang dibawakan oleh pembicara sangat menarik dan disesuaikan dengan usia peserta dari SMAK Penabur Cirebon yang berjudul Perencanaan Keuangan Sejak Dini sehingga dapat diterima dengan baik oleh siswa/i SMAK BPK Penabur Cirebon yang dibuktikan dengan adanya beberapa pertanyaan yang ditanyakan kepada pembicara oleh siswa/i SMAK BPK Penabur Cirebon.

Acara Educare 2021 yang diselenggarakan HMA berjalan dengan lancar dari awal hingga akhir. Adapun tujuan yang ingin dicapai HMA dengan terselenggaranya acara ini adalah sebagai berikut:

  1. Untuk memberikan wawasan tentang bagaimana cara berstrategi dalam mengelola uang yang baik.
  2. Untuk menciptakan pribadi yang berstrategi dalam mengelola uang.
  3. Untuk meningkatkan ketertarikan bagi pribadi dalam mempelajari strategi mengelola uang.

Setelah rangkaian acara Educare 2021 yang diselenggarakan HMA UKRIDA bersama dengan SMAK BPK Penabur Cirebon diakhiri dengan sesi dokumentasi dan ditutup dengan doa.

 

Tags:

all akuntansi