30 Juni 2021

Kejuaraan Papua Open E-Poomsae 2021

Publish by Humas

Pada tanggal 29-31 Mei 2021, kami mengikuti sebuah kejuaraan Papua Open E- Poomsae yang memperebutkan piala Menpora RI yang berlangsung secara daring. Kami semua mengikuti kejuaraan Papua Open pada kategori Poomsae di kelas Senior Individual. Pada Kejuaraan Papua Open E-Poomsae yang memperebutkan piala Menpora RI ini diikuti oleh 3000 peserta dari seluruh penjuru Indonesia. Kejuaraan ini diselenggarakan FAD Taekwondo Center Papua dan dibantu oleh Ketua Umum PengProv TI Papua yaitu Dr. Drs. Muhammad Musaad, M. Si dan pembina FTC Papua.Kejuaraan ini berlangsung secara virtual dan ditayangkan secara live streaming di YouTube.

Dalam kejuaraan Papua Open ada banyak sekali kategori-kategori yang akan ditandingkan dalam E-Poomsae dibagi dua yaitu Poomsae individual dan prestasi. Kategori yang disediakan ada 8 (delapan) macam yaitu Pra Cadet A dengan rentang umur 6 hingga 7 tahun, Pra Cadet B dengan rentang umur 8 hingga 9 tahun, Pra Cadet C dengan rentang umur 10 hingga 11 tahun, Cadet dengan rentang umur 12 hingga 14 tahun, Junior dengan rentang umur 15 hingga 17 tahun, Senior diatas 18 tahun, Master Class U.40 dengan rentang umur 31 hingga 40 tahun, dan Master Clas U.50 dengan rentang umur 41 hingga 50 tahun. Selain EPoomsae, kejuaraan Papua Open juga menyediakan untuk speed kicking. Dalam kejuaraan tersebut kita harus menendang target sebanyak mungkin agar dapat menyaingi lawan dan memiliki poin lebih banyak.

Kami memperoleh 2 (dua) medali Perak dan 7 (tujuh) medali perunggu dalam kejuaraan Papua Open, tetapi jalan kami masih jauh untuk meraih medali emas. Akan tetapi, dari kejuaraan ini kami mempelajari bahwa kami masih perlu latihan dan kerja keras agar mendapatkan hasil yang kami inginkan. Hal ini membangkitkan motivasi kami untuk menjadi yang lebih baik lagi untuk kejuaraan yang kami ikuti di lain waktu. Tidak hanya mendapatkan juara saja, tetapi ada berbagai manfaat yang kami rasakan sebagai atlet di UKM Taekwondo UKRIDA seperti menjaga badan agar tetap fit selama masa pandemi dan dapat menjalin persahabatan di dalam suatu organisasi.

Kami dari UKM Taekwondo UKRIDA sangat bangga dan berterima kasih kepada UKRIDA untuk dukungan yang diberikan sehingga kami dapat memperoleh berbagai prestasi di masa pandemi. Dengan kami menjadi atlet yang membutuhkan daya juang yang tinggi mental baja untuk menghadapi tekanan - tekanan dari luar.

UKM Taekwondo berhasil memperoleh 2 medali Perak dan 7 medali perunggu dalam kejuaraan Papua Open E-Poomsae 2021

Kejuaraan Papua Open menjadi titik balik bagi beberapa atlet, walaupun dari kejuaraan ini para atlet merasa bahwa mungkin kurang mengerahkan yang terbaik untuk setiap saat. Kami ingin berterima kasih kepada pelatih dan rekan - rekan yang mengikuti kejuaraan ini, serta anggota - anggota lain yang mengikut UKM Taekwondo di UKRIDA. Kami sangat bersyukur dengan adanya pelatih kami Sabeum Jimmy karena tanpa beliau kami tidak akan belajar banyak mengenai teknik-teknik yang perlu diperbaiki dalam kejuaraan ini dan beliau sering memotivasi kami agar dapat terus menunjukkan kepiawaian dalam menghafal, serta memberikan segalanya untuk satu rangkaian gerakan. Dengan adanya rekan-rekan lain yang mengikuti kejuaraan ini membuat kami terkhususnya merasakan adanya semangat yang membara dan saling bahu membahu ketika ada salah satu dari kami yang tidak hafal dengan gerakan lalu mulai membantu dengan mengajarinya atau melatih gerakan tersebut dengan bersama - sama.

Dengan adanya anggota lain yang tidak mengikuti kejuaraan ini dapat memberikan semangat yang dapat mempengaruhi kami dalam melakukan serangkaian gerakan tersebut. Jika kami lelah atau sudah menyerah ada mereka yang membantu kami untuk tetap tidak menyerah dalam menyelesaikan pengambilan video untuk diberikan kepada pihak panitia. Dari awal kami tidak pernah mengharapkan untuk mendapatkan juara dalam lomba ini, akan tetapi kami kemudian dipercayakan untuk membawa nama UKRIDA ke jenjang nasional sehingga hal ini membuat kami merasa tertantang karena perlu untuk mengerahkan segala kemampuan kami untuk kejuaraan ini. Meskipun memang belum sesuai dengan keinginan dan target dari tujuan kami, kami tetap perlu untuk melakukan latihan agar dapat melakukan yang terbaik, serta untuk terus mengandalkan Tuhan dalam setiap langkah yang kami lakukan dalam hidup kami. 

Dengan kami mengikuti berbagai kejuaraan di masa pandemi dan dengan waktu latihan yang diberikan oleh kampus, kami berharap agar universitas tetap mendukung kami di segala kondisi dan prestasi yang diperoleh oleh mahasiswa dapat menjadi sebuah hasil yang manis. Kami juga berharap UKM Taekwondo UKRIDA dapat memberikan bantuan yang bisa menyongsong kehidupan untuk para mahasiswa di UKM Taekwondo. Semoga dengan prestasi yang sudah kami raih dapat membantu dan membakar semangat dari para anggota UKM Taekwondo UKRIDA dan mahasiswa UKRIDA lainnya agar dapat berprestasi juga meski di tengah pandemi Covid-19 yang sedang melanda dunia.

Link video:
Putra: https://youtu.be/ZUawJdx5ZaM
Putri:https://youtu.be/a15E5IsNCfQ

 

Tags:

all