23 Juni 2021

Taekwondo UKRIDA raih medali di Kejurnas Maluku Nasional Poomsae & Speed Kicking

Publish by Humas

Pada tanggal 24 - 25 April 2021, UKM Taekwondo UKRIDA telah mengikuti Kejuaraan Taekwondo tingkat nasional yang diselenggarakan oleh PengProv Taekwondo indonesia secara virtual.Mengingat situasi di era pandemi virus covid-19, pengprov taekwondo maluku memutuskan untuk menyelenggarakan lomba nasional tahunan ini dilakukan secara virtual dan pendaftaran telah dibuka sejak dua bulan sebelum dua hari kejuaraan dilaksanakan bagi para praktisi taekwondo indonesia untuk berpartisipasi baik sebagai individu maupun yang dari klub.

Dengan membawa nama UKRIDA, UKM Taekwondo mengikuti Kejuaraan INDONESIA BEST OF THE BEST MALUKU NASIONAL POOMSAE & SPEED KICKING. Kategori yang ada dalam kejuaraan ini antara lain, Poomsae yang terdiri dari kategori festival dan prestasi baik secara individual, pair, dan team. Lalu selain poomsae ada Speed Kicking yang terdiri dari Pra cadet (9 - 11 tahun), cadet (12 - 14 tahun), junior (15 - 17 tahun), dan senior (18 - 30 tahun).

Dikarenakan adanya pandemi, maka kejuaraan yang diadakan pun harus online sehingga kejuaraan yang kebanyakan dibuat adalah poomsae dikarenakan dapat dilakukan secara virtual dan sama sekali tidak terdapat kontak fisik, yang dapat berisiko menularkan virus Covid-19. Pada kejuaraan kali ini kategori yang kami ikuti adalah Kategori Poomsae - kelas festival - individual - kategori peserta senior (18 - 20 tahun). gerakan poomsae yang dilakukan juga dipisahkan sesuai tingkat sabuk, dimana gerakan poomsae taegeuk 2 dilakukan oleh sabuk kuning, taegeuk 3 dilakukan oleh sabuk hijau, taegeuk 4 dilakukan oleh sabuk biru, tageuk 6 dilakukan oleh sabuk merah, dan taegeuk 8 dilakukan oleh sabuk hitam. Kejuaraan Taekwondo ini diikuti oleh lebih dari seribu atlet yang berasal dari puluhan klub dari berbagai provinsi di indonesia. Kejuaraan tersebut diselenggarakan oleh pengurus Taekwondo provinsi Maluku dengan ijin Pengurus Besar Taekwondo Indonesia (PBTI).

Dalam rangka mendukung usaha pemerintah untuk menekan penyebaran covid-19, kejuaraan dilaksanakan dengan cara live streaming melalui youtube dengan llink https://youtu.be/6JXaAjUi06E , live streaming dilakukan dengan menunjukkan video yang telah diunggah oleh atlet sebelumnya kepada empat orang juri dan penonton. Para juri akan memberikan penilaian berdasarkan keindahan dan keakuratan dari gerakan yang diperagakan, juri juga akan memberikan pengurangan nilai apabila atlet tidak mengikuti ketentuan dalam pengambilan gerakan pada tiap jenis poomsae yang dipermainkan pada setiap kelas. Para atlet akan dibagi menjadi beberapa kelompok, dimana kelompok tersebut berisi tiga atau empat orang atlet yang akan memperagakan kemahirannya tergantung banyaknya pendaftaran pada setiap kelas.

UKM Taekwondo UKRIDA berhasil meraih dua medali perak dan lima medali perunggu dalam ajang kejuaraan Indonesia Best of The Best Maluku Nasional Poomsae & Speed Kicking

Dalam kejuaraan Indonesia Best of The Best Maluku Nasional Poomsae & Speed Kicking yang diselenggarakan secara virtual ini UKM Taekwondo UKRIDA dengan bimbingan dari para pelatih yaitu Sabeum Jimmy Indrawinata dan Sabeum Abednego Rayhan dari klub Prawhiratama berhasil mendapatkan prestasi yang cukup memuaskan mengingat ini adalah lomba virtual pertama yang diikuti oleh UKM Taekwondo UKRIDA, prestasi yang diperoleh antara lain, dua medali perak dan lima medali perunggu. Tentunya prestasi yang telah berhasil kami capai ini akan menjadi bara api untuk mengobarkan semangat UKM Taekwondo UKRIDA untuk terus berusaha memberikan yang terbaik untuk UKRIDA serta kepada anggota UKM Taekwondo UKRIDA lainnya.

Pengalaman yang kami dapatkan dari kejuaraan Indonesia Best of The Best Maluku Nasional Poomsae & Speed Kicking yang diselenggarakan secara virtual ini adalah meskipun kami merasa kesulitan dalam melakukan pelatihan gerakan poomsae dikarenakan biasanya kami dilatih dengan basic kyorugi tetapi kami tetap semangat dalam meraih prestasi baik untuk diri sendiri, UKM Taekwondo UKRIDA dan kampus UKRIDA dengan latihan dan persiapan lomba yang begitu berat dan dengan tetap mengikuti protokol kesehatan, mengenal lebih jauh tentang dunia Taekwondo dan juga tentunya adalah rasa bangga UKM Taekwondo UKRIDA karena dapat mengenalkan nama UKRIDA pada dunia Taekwondo indonesia dalam lomba skala nasional ini.

Kami akan menggunakan pengalaman yang didapatkan pada saat Kejuaraan Indonesia Best of The Best Maluku Nasional Poomsae & Speed Kicking ini untuk mengevaluasi performa atlet dan menggunakan informasi tersebut sebagai pondasi untuk mengembangkan dan mengasah kemampuan UKM Taekwondo UKRIDA secara keseluruhan untuk memperoleh prestasi pada kesempatan - kesempatan selanjutnya. 

Harapan kami kedepannya adalah agar tetap dapat didukung dan di berikan kesempatan lebih untuk meraih prestasi dengan cara tetap diadakannya latihan di area universitas untuk memudahkan UKM Taekwondo UKRIDA untuk melakukan latihan guna mempersiapkan para atlet pada kondisi optimal untuk lomba - lomba di masa mendatang, karena pepatah mengatakan "untuk menghasilkan prestasi yang baik dibutuhkan persiapan yang baik pula", sangat kebetulan  bahwa  pepatah  ini  juga  berlaku  dalam  Taekwondo  dan  bersifat  decisive  dalam kemampuan klub - klub taekwondo lain yang mendapatkan hasil yang baik dengan berprestasi. Dalam hal ini latihan di universitas selain memberikan tempat latihan tetap untuk ukm Taekwondo UKRIDA, juga dipastikan memberikan semangat bagi para atlet, yang mengetahui bahwa perjuangan mereka mendapatkan prestasi diperhatikan dan diapresiasi oleh UKRIDA.

Tags:

all