04 Juni 2021

Talent, Passion, Skill: A Trifecta to success

Publish by Humas

Hello! atau Himpunan Mahasiswa Elektro menyelenggarakan webinar dengan tema Talent, Passion, Skill: A Trifecta to success acara ini bekerja sama dengan Kalibrr Indonesia, salah satu platform  recruitment yang membantu perusahaan untuk mendapatkan kandidat terbaik, Webinar kali ini dibawakan langsung oleh Deviana Kurniawati selaku Client Success Senior Associate Kalibrr.

Talent, Passion, dan Skill merupakan satu kesatuan dalam menggapai kesuksesan, tetapi sangat disayangkan saat ini masih banyak orang yang tidak mengetahui. Apa, mengapa, dan bagaimana cara mengenal serta mengembangkan ketiga hal tersebut dalam diri mereka, khususnya para generasi muda.

Hal pertama yang harus diketahui sebelum memahami apa itu  Talent, Passion, dan Skill adalah mengenal diri sendiri, mencari jawaban terhadap identitas “siapa saya?” , saya seperti apa?,  dan “ seperti apa sifat dan perasaan saya?”. Setelah semua terjawab maka akan lebih mudah untuk seseorang dapat memahami diri sendiri, menggabungkan, serta mencari talent, passion, dan skill dalam suatu wadah untuk  meraih kesuksessan.

Penting untuk setiap mahasiswa mengetahui apa yang menjadi  talent, passion, dan skill yang dimiliki agar mampu memberikan hasil yang terbaik untuk setiap pekerjaan yang dilakukan.

Perlu dipahami bahwa ketiga hal tersebut adalah sesuatu hal yang berbeda. Passion adalah sikap antusiasme pada suatu bidang diperiode tertentu walaupun kenyataannya tidak memiliki keahlian dibidang tersebut, tetapi memiliki semangat dan hasrat terhadap sebuah ide atau tujuan. Sedangkan skill merupakan kemampuan untuk menggunakan akal, fikiran, ide dan kreatifitas dalam mengerjakan, mengubah ataupun membuat sesuatu menjadi lebih bermakna, dan talent sendiri merupakan bakat yang dimiliki sejak lahir. Perlu diketahui bahwa tidak ada manusia yang tidak memiliki bakat, hanya saja permasalahannya tidak semua orang tahu apa bakat yang dimilikinya.

Langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan berpikir dan bertindak seperti apa yang menjadi gairah atau semangat dalam diri kita masing-masing, sehingga kita dapat memberikan hasil yang terbaik. Tidak hanya fokus atau khawatir pada sesuatu yang belum pasti, setelah itu explore dan segera bertindak.

Terkadang keadaan seringkali tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan. Apa yang kita kerjakan saat ini bukanlah hal yang kita suka dan kuasai. Oleh karena itu penting untuk kita selalu mempersiapkan rencana lain, dan memperbanyak skill, selalu bersiap dengan segala sesuatu kemungkinan yang ada, dan yakin selalu memberikan yang terbaik pada apapun yang saat ini sedang kita kerjakan.   

Tags:

all teknik-elektro