27 April 2021

Industri Pembiayaan dalam Menghadapi Tantangan Regulasi dan Pusaran Industri Otomotif

Publish by Humas

Saat ini Industri pembiayaan dalam bidang industri otomotif mengalami berbagai tantangan, baik secara regulasi maupun pusaran otomotif. Lalu, bagaimana cara para pelaku usaha industri pembiayaan menangani masalah tersebut?. Berangkat dari permasalahan tersebut Program studi Magister Manajemen mengadakan webinar yang membahas tentang bagaimana industri pembiayaan dalam menghadapi tantangan regulasi dan pusaran Industri Otomotif.

Webinar dipandu oleh Ibu Fredella Colline selaku moderator. Program studi Magister Manajemen mengundang dua narasumber yaitu Bpk. Suwandi Wiratno.  (Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI)) yang merupakan lulusan dari University of San Fransisco, USA (1986). Materi ke-dua disampaikan oleh  Bpk. Zacharia Susantadiredja (Direktur dari WOM Finance). Beliau memperoleh gelar Sarjana Ekonomi – Manajemen Keuangan dari Universitas Katholik Atma Jaya (2003)

Pandemi COVID-19 berdampak besar pada seluruh industri pembiyaan, perusahaan harus mampu berinovasi untuk dapat bertahan ditengah kondisi perekonomian yang semakin menantang saat ini.

Sesi pertama dibawakan oleh Bpk. Suwandi. Beliau banyak menceritakan tentang sejarah awal industri pembiayaan, dan bagaimana menghadapi tantangan yang dihadapi mulai dari berbagai krisis, kemudian pembentukan awalnya di Indonesia dan masih banyak lagi. Sesi kedua dibawakan oleh Bapak Zacharia. Pertama beliau menceritakan tentang WOM Finance, mulai dari visi, misi serta value perusahaan. Kemudian, beliau menceritakan sejarah-sejarah yang pernah dilalui oleh WOM Finance. Dia juga memaparkan strategi yang disiapkan pada tahun 2021 terutama pada kondisi pandemi Covid-19 saat ini.

Tidak dapat dipungkiri bahwa adanya pandemi COVID-19 berdampak besar pada seluruh industri pembiyaan. Perusahaan pembiayaan harus mampu berinovasi untuk dapat bertahan ditengah kondisi perekonomian yang semakin menantang saat ini. Tantangan terbesar yang dihadapi industri pembiayaan adalah bagaimana perusahaan dapat menjaga arus kas perusahaan selama masa pandemi yang pastinya minat pembeli juga mengalami penurunan.

Peserta sangat terlihat antusisas selama mengikuti kegiatan webinar kali ini, terlihat dari berbagai pertanyaan yang diajukan selama sesi berlangsung. Semoga dengan adanya webinar kali ini dapat memberi gambaran serta menjadi jawaban akan ketidakpastian selama masa pandemi ini berlangsung 

Tags:

all manajemen magister-manajemen