26 April 2021

Merdeka Belajar Studi Independen dengan Coursera

Publish by Humas

Information at your fingertips” adalah sebuah pernyataan yang disampaikan Bill Gates di tahun 2009 didepan para mitra bisnis Microsoft. Saat itu konsep yang mau diangkat adalah pentingnya akses terhadap informasi untuk pengambilan keputusan strategis bisnis, dan bagaimana teknologi informasi memungkinkan adanya aliran informasi (information stream) yang menghubungkan berbagai lini operasional organisasi secara realtime. Hari ini, di tahun 2021 (11 tahun kemudian), dengan semakin terjangkaunya layanan internet dan semakin rendahnya biaya kepemilikan untuk perangkat aksesnya menyebabkan slogan “Information at your fingertips” menjadi kenyataan. Hari ini kita mungkin juga berkenalan dengan istilah “ubiquitous learning”, yang sebenarnya mengacu ke pemahaman yang sama, hanya saja penekanannya dalam konteks pendidikan, teknologi memungkinkan proses belajar dapat terjadi dimana saja dan kapan saja.

Menjadi menarik dan juga kabar baik tentunya, kementerian Pendidikan Indonesia menjawab trend baru ini melalui program MB-KM (Merdeka Belajar – Kampus Merdeka), dimana salah satu bentuk program implementasinya diberi nama ‘studi independen’. Ada banyak variasi turunan dari program ‘studi independen’ yang mana salah satunya mengijinkan mahasiswa untuk mengikuti program pelatihan atau kelas khusus dari sumber alternatif yang kredibel tentunya, dan mendapatkan fasilitas konversi SKS kuliah. Itu artinya proses belajar untuk memenuhi SKS kuliah tidak terpaku hanya di dalam kelas perkuliahan, di dalam program studi, di perguruan tinggi asal. Menarik kan?

Program studi Sistem Informasi UKRIDA adalah salah satu prodi yang sudah mengimplementasikan MB-KM dalam kurikulumnya, dan untuk program ‘studi independen’, program studi Sistem Informasi UKRIDA memfasilitasi mahasiswa untuk dapat mengambil dan mengikuti program sertifikasi profesional dari Coursera (www.coursera.org). Buat kamu yang belum pernah mendengar nama Coursera, simpelnya mereka adalah perusahaan startup yang menyediakan platform dan konten untuk opencourse atau istilah lainnya disebut sebagai kuliah online.

Program sertifikasi profesional apasaja yang diakui dan dapat dikonversi menjadi SKS kuliah di prodi Sistem Informasi UKRIDA? Saat ini total ada 6 pilihan program sertifikasi profesional yang dapat dipilih dan diambil oleh para mahasiswa aktif khusus prodi Sistem Informasi UKRIDA yang sudah memasuki semester 5 keatas:

Sistem Informasi UKRIDA memfasilitasi mahasiswa untuk dapat mengambil dan mengikuti program sertifikasi profesional dari Coursera 

Mahasiswa yang terpilih dan menunjukkan komitmennya untuk mengikuti program sertifikasi profesional akan sepenuhnya dibiayai oleh prodi dan mendapatkan hak untuk transfer / konversi SKS kuliah sesuai bobot program sertifikasi yang diambil. Hari ini dengan semakin berkembangnya “ubiquitous learning” mungkin juga menjadi dilema, karena kita disodori begitu banyak pilihan dan alternatif yang pada akhirnya seolah-olah mengerucut pada 2 pilihan besar, yaitu jalur program sarjana atau cukup dengan hanya mengikuti program pelatihan atau sertifikasi internasional saja, masing-masing tentunya punya plus-minus serta daya tariknya sendiri. Namun perlu di ingat bahwa pendidikan adalah salah bentuk investasi besar dan bersifat jangka panjang, jadi jangan salah pilih.

Hanya di program studi Sistem Informasi UKRIDA melalui program MB-KM studi independen, mahasiswa mendapatkan keduanya ketika lulus, yaitu pengakuan berupa ijazah S1 untuk program sarjana dan juga sertifikasi profesional skala internasional dari vendor-vendor besar sekelas Google, IBM, dan Facebook.

(Redaksi: Sistem Informasi UKRIDA)

 

Tags:

all sistem-informasi mbkm