01 Maret 2021

Maintaining Mental Health in the Covid Era

Publish by Humas

Pembukaan dilakukan dengan doa pembuka yang dipimpin oleh pembawa acara. Setelah itu, pembukaan berlanjut dengan kata sambutan dari dua orang, yaitu dosen ukrida dan juga ketua pelaksana. Dosen ukrida yaitu Pak Lambok Tampubolon dan juga ketua pelaksana yaitu Paulus. Setelah itu pembawa acara mengenalkan diri dan juga ada sedikit Ice Breaking dengan saling mengenal satu sama lain. Pembicara pada webinar kali ini adalah founder dari sehatmental.id yaitu Ade Binarko, dengan moderator dari panitia BEM FEB. Kegiatan berlangsung dengan sangat baik dan juga hangat dari perbincangan yang terjadi.

Pembahasan awal berlangsung dari Kak Ade Binarko menanyakan tentang keadaan beberapa mahasiswa yang menjadi peserta. Ada salah satu mahasiswa yang mengatakan bahwa keadaannya menjadi overthinking. Kak Ade menjelaskan bahwa overthinking itu merupakan hal yang wajar, dan terjadi di setiap manusia. Moderator juga menanyakan kepada Kak Ade, “disaat kita mulai produktif yang menghasilkan, namun ada orang yang produktif yang tidak menghasilkan, gimana tuh cara kita untuk merespon saat di banding – bandingin oleh orang lain?”. Kak Ade pun menjawab, “bahwa kita harus mengenal diri kita masing – masing, bagaimana kita bisa mengasah kelebihan – kelebihan kita.”

Kak Ade menanyakan kepada setiap mahasiswa, “Berapa jumlah sahabat kalian?” . Banyak dari masing – masing mahasiswa menjawab tidak lebih dari 10 sahabat, namun ada comment yang menarik seperti “aku anggap dia sahabat, namun dia tidak”. Kak Ade pun memberi saran “terkadang memang keadaan tidak sesuai dengan ekspektasi yang kita inginkan, kita harus menjadi orang yang bisa mengontrol perasaan kita.” Ada juga mahasiswa  yang memiliki ketakutan dengan keramaian, Kak Ade merespon untuk “Kita harus mencari cara bagaimana dengan melatih diri kita secara perlahan untuk melawan rasa takut, kita bisa memulainya dengan presentasi dengan beberapa sahabat.” Kak Ade mengatakan bahwa hal tersebut merupakan kecemasan tingkat tinggi tapi, yang masih bisa dihadapi dan bisa dilatih. Banyak sekali pertanyaan – pertanyaan yang dijawab dan dibahas Bersama moderator dan Kak Ade tersebut.

 

Tags:

all