Apa sih yang dimaksud dengan ‘Proses Bisnis’ ?

Publish by Humas  |  15 Februari 2021

all sistem-informasi

Proses bisnis spesifik fokus pada proses-proses yang bernilai bisnis atau berdampak bisnis signifikan, vital bagi organisasi.

Proses dapat dilihat sebagai kumpulan aktivitas yang dirangkai sedemikian rupa untuk mencapai objektif tertentu. Ciri lain dari proses adalah memiliki masukan (input) dan menghasilkan keluaran (output). Ambil contoh proses pembelian tiket pesawat, keluarannya jelas yaitu tiket pesawat sesuai dengan pesanan kita, sedangkan masukan atau input -nya mencakup hal-hal seperti tujuan keberangkatan, tanggal dan jam keberangkatan, pilihan maskapai dsb. Lalu apa yang dimaksud dengan proses bisnis? Pada prinsipnya mengacu ke deskripsi yang sama seperti contoh ilustrasi proses pembelian tiket pesawat, hanya saja proses bisnis spesifik fokus pada proses-proses yang bernilai bisnis atau berdampak bisnis signifikan, vital bagi organisasi.

Di program studi Sistem Informasi UKRIDA, mahasiswa wajib dapat melakukan identifikasi proses bisnis dan menggambarkannya dalam notasi standar yang kita sebut sebagai BPMN (Busines Process Model and Notation). Dari notasi BPMN tersebut menjadi landasan untuk dilakukan Analisa lebih lanjut. Hal ini penting, karena solusi sistem informasi yang akan dibangun pastinya mencerminkan alur kerja atau proses bisnis si organisasi, sehingga tanpa memiliki gambaran proses bisnis yang benar, mustahil dapat menghasilkan solusi sistem informasi yang tepat guna. Diluar itu, ada hal penting lainnya, proses bisnis juga menggambarkan alur kerja karena proses itu sendiri yang berupa kumpulan aktivitas. Kemampuan analisa proses bisnis merupakan pengetahuan fundamental dari seorang manajer, karena dia harus mampu mengidentifikasi dimana titik lemah (bootleneck) dari aktivitas-aktivitas tersebut, dan darisana menjadi dasar untuk selanjutnya dilakukan perbaikan, inilah yang selanjutnya juga disebut sebagai manajemen proses bisnis.

(Redaksi: Sistem Informasi UKRIDA)

=