Program Studi Sistem Informasi Masuk ke Rumpun Teknik atau Manajemen?

Publish by Humas  |  20 Januari 2021

all sistem-informasi

Jawabannya bukan keduanya, karena Sistem Informasi masuk dalam rumpun bidang komputasi.

Jawabannya bukan keduanya, karena Sistem Informasi masuk dalam rumpun bidang komputasi. Demikian juga dengan program studi Teknik Informatika, berada dalam satu rumpun yang sama yaitu bidang komputasi, walaupun label nama ‘teknik’ didepannya sering dipersepsikan sebagai rumpun bidang teknik. Masih ragu? Bisa dilihat dari gelar yang diperoleh, baik Teknik Informatika maupun Sistem Informasi sama-sama mendapat gelar S.Kom (Sarjana Komputer), berbeda dengan teman-teman dari rumpun Teknik yang mendapatkan gelar S.T (Sarjana Teknik).

Sistem Informasi sendiri lahir karena adanya kebutuhan nyata organisasi dan bisnis, karena TI jelas sudah merambah semua bidang, dan dari tahun-ke-tahun belanja TI organisasi cenderung semakin besar, sehingga dibutuhkan kompetensi yang mampu membantu organisasi untuk memastikan belanja TI nya menjadi sesuatu yang positif bagi kinerja organisasinya (kacamata investasi). Jadi jangan heran jika di kurikulum Sistem Informasi juga memasukan aspek manajemen TI dan organisasi.

Sistem Informasi UKRIDA berada dibawah Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer (FTIK) fokus pada menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi teknis bidang komputasi dan juga manajemen TI. Skill teknis komputasi mencakup skill koding, database, infrastruktur TI seperti jaringan data, server dan storage, juga termasuk skill pengolahan – analisa – visualisasi data. Untuk skill manajemen TI mencakup tata Kelola dan audit TI, manajemen layanan TI, manajemen resiko TI, serta manajemen dan analisa bisnis. Di Sistem Informasi UKRIDA, skill teknis bidang komputasi mendapatkan porsi besar dan bersifat praktikal karena lulusan harus mampu tidak hanya merancang namun juga mengimplementasikan solusi sistem, sedangkan skill manajemen TI dan organisasi memastikan solusi yang dihasilkan tepat guna untuk kebutuhan organisasi dan juga menjadi pondasi skill (modal awal) bagi lulusan untuk masuk ke jenjang manajerial.

(Redaksi: Sistem Informasi UKRIDA)

=