11 November 2020

Webinar Pengenalan Industri Konstruksi 4.0 dan Software BIM Teknik Sipil UKRIDA

Publish by Humas

Perkembangan ilmu konstruksi saat ini sangat maju pesat. Industri 4.0 yang memanfaatkan integrasi seluruh aspek teknologi, sangat berpengaruh pada keberjalanan Industri Konstruksi saat ini. Pengembangan ilmu Teknik Sipil pun menjadi andil untuk memajukan pengetahuan para siswa-siswi SMK Jurusan Teknik Bangunan untuk mempersiapkan mereka nanti saat lulus SMK dan ingin langsung bekerja. Persaingan ketat di kondisi Industri Konstruksi 4.0 memacu mereka untuk mengetahui dasar dan konsep pengembangan industri kedepannya. Semangat untuk mempelajari hal tersebut tercermin dalam acara Webinar Pengenalan Industri Konstruksi 4.0.

Webinar yang diadakan pada tanggal 24 Oktober 2020 ini diikuti 40 orang peserta dari 3 sekolah SMK Jurusan Teknik Bangunan (SMK N 1 Jakarta, SMK N 52 Jakarta dan SMK N 6 Bekasi). Pada awal pelatihan diberikan pre-test terlebih dahulu mengenai wawasan dasar industri konstruksi. Hasil dari pre-test tersebut didapatkan bahwa sebagian besar siswa masih belum mengerti kondisi industri konstruksi saat ini.

Webinar Pengenalan Industri Konstruksi 4.0 dan Software BIM tersebut disajikan secara daring oleh dosen dan mahasiswa Teknik Sipil UKRIDA sebagai pembicaranya. Pada sesi Pengenalan Industri Konstruksi 4.0 dijelaskan oleh Bpk. Ryobi Irfanto selaku dosen Teknik Sipil UKRIDA dan sesi Pengenalan Software BIM dibawakan oleh Sdr. Evin selaku mahasiswa Teknik Sipil UKRIDA yang telah mengikuti pelatihan software tersebut. Antusiasme para siswa untuk mengetahui lebih dalam mengenai Industri 4.0 tergambar dari pertanyaan para siswa tersebut. “Apakah hanya anak perkuliahan saja yg mendapatkan /mempelajari materi tentang bim?” pertanyaan dari Muhammad Suryananda, siswa SMKN 1 Jakarta menunjukkan bahwa masih banyak ilmu yang dapat diberikan untuk para siswa agar dapat memahami Industri Konstruksi itu sendiri terlebih Industri Konstruksi 4.0. Hal ini menjadi tantangan Program Studi Teknik Sipil UKRIDA  untuk memberikan pelatihan ataupun webinar yang menarik minat siswa-siswi SMK/SMA agar dapat terus berkembang dalam keilmuan di bidang Teknik Sipil.

Adapun target akhir dari webinar adalah peserta memahami bahwa perkembangan Industri Konstruksi 4.0 ini sangat pesat dan salah satu aplikasi industry 4.0 pada konstruksi adalah BIM, dimana mereka harus siap ketika lulus SMK dan menentukan akan langsung bekerja di Industri Konstruksi.

(c) Dok. Progdi Teknik Sipil /Oktober 2020

Tags:

all teknik-sipil