Klinik Arjuna dan Klinik Pejagalan, Dua Fasilitas Kesehatan Baru UKRIDA

Publish by Humas  |  01 Februari 2019

all

Bagi sebagian orang, mungkin Anda sudah mengetahui dan bahkan berobat ke Klinik Arjuna. Lokasinya sangat dekat dengan Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Krida Wacana.

Bagi sebagian orang, mungkin Anda sudah mengetahui dan bahkan berobat ke Klinik Arjuna. Lokasinya sangat dekat dengan Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Krida Wacana maupun RS UKRIDA, yaitu di Jalan Arjuna Utara No. 7 F dan G, diapit oleh sejumlah rumah toko (ruko), yang beberapa di antaranya adalah bank. Klinik tiga lantai tersebut merupakan fasilitas kesehatan tingkat pertama yang menyediakan berbagai layanan kesehatan seperti praktek dokter umum, dokter gigi, poli anak, maupun kebidanan.

Sejak resmi dibuka pada 8 November 2018, klinik ini sudah menerima pasien dari dalam maupun luar UKRIDA. Seperti dikutip dari wawancara Buletin RS UKRIDA, Parakarta, dengan dr. Arif Kusuma Wardhana, MARS, sebagai penanggung jawab Klinik Arjuna, “Visi Klinik Arjuna adalah menjadi klinik yang andal dan terpercaya, sebagai mitra kemanusiaan untuk menjadi sehat. Sementara misinya adalah melayani dengan kasih dan perhatian bagi pemulihan sesama, serta menyediakan fasilitas kesehatan yang memadai bagi pasien dan keluarga.” Maka, diharapkan klinik tersebut dapat memberikan pelayanan terbaik bagi semua orang.

Mengenai biaya, jika Anda adalah pasien umum, Anda harus membayar sepuluh ribu rupiah untuk konsultasi dokter dan Rp 25 ribu untuk obat. Namun, jika ada tindakan yang perlu dilakukan, akan ada tambahan biaya yang dikenakan. Sementara itu, bagi karyawan UKRIDA, Anda cukup menunjukkan kartu identitas karyawan dan kartu asuransi. Lalu bagi mahasiswa UKRIDA, hanya perlu menunjukkan kartu mahasiswa saja. Sekadar informasi, khusus di Februari hingga April 2019, Klinik Arjuna mengadakan promosi vaksinasi dan promosi khusus mahasiswa. Untuk vaksinasi influenza, Anda cukup membayar Rp 150 ribu. Lalu untuk vaksinasi human papillomavirus atau HPV (Gardasil), Anda akan dikenakan biaya sejumlah Rp 2,5 juta untuk tiga kali suntik.

Klinik Arjuna dan Klinik Pejagalan siap melayani Anda!

Sementara bagi Anda, para mahasiswa, yang ingin mendapatkan vaksinasi hepatitis B, Anda cukup memperlihatkan kartu mahasiswa dan membayar Rp 120 ribu. Namun, jika Anda ingin mendapatkan pemeriksaan kualitatif hepatitis B surface antigen (HBsAg) dan anti hepatitis B surface antibody (HBs), selain menunjukkan kartu mahasiwa, Anda perlu membayar sebesar Rp 150 ribu. Selain itu, ada pula promosi pembersihan karang gigi atas dan bawah (scaling), dengan membayar Rp 115 ribu. Jika Anda ingin mendapatkan informasi lebih lanjut, bisa menghubungi Klinik Arjuna di nomor 021-22956858 extension 3000.

Nah, di samping Klinik Arjuna, ada klinik lain yang berada di bawah naungan PT Upadana Krista Dipta Arjasa, yaitu Klinik Pejagalan. Klinik yang berlokasi di Jalan Pejagalan No. 62 Blok A Kav. 21, Kelurahan Pekojan, Kecamatan Tambora, Jakarta Barat, tepat di seberang Perusahaan Daerah (PD) Pasar Jaya Pejagalan tersebut, merupakan hasil kerja sama PT Upadana Krista Dipta Arjasa dengan Gereja Kristen Reform Karismatik, selaku pemilik tempat. Sejak direnovasi pada Oktober 2018, kini Klinik Pejagalan masih berada di tahap persiapan, khususnya rekrutmen tim medis. Sementara untuk persiapan secara fisik, bisa dikatakan sudah rampung.

Sebagai fasilitas kesehatan tingkat pertama, Klinik Pejagalan didirikan dengan tujuan mengembangkan layanan kesehatan UKRIDA kepada masyarakat, secara khusus jemaat Gereja Kristen Reform Karismatik dan masyarakat di kawasan Pejagalan, meski tidak terbatas pada lingkup tersebut. Satu hal yang menarik dan mungkin jarang ditemukan pada klinik kesehatan pada umumnya adalah layanan akupunktur medis, yang nantinya menjadi nilai tambah dari klinik tersebut. Menurut penjelasan dr. Danyel Suryana, MARS, penanggung jawab Klinik Pejagalan, akupunktur medis dipilih dengan mempertimbangkan faktor demografi, di mana banyak warga beretnis Tionghoa. Di luar itu, masyarakat juga bisa mendapatkan layanan poliklinik dokter umum, poliklinik gigi, layanan imunisasi, medical check up atau cek kesehatan, dan layanan home care. Namun, masing-masing layanan ini akan dibuka secara bertahap. Artinya, saat dibuka nanti, belum semua layanan langsung tersedia.

Sekadar mengingatkan, jangan lupa untuk membaca Buletin RS UKRIDA, Parakarta, untuk memperoleh informasi terbaru seputar RS UKRIDA, Klinik Arjuna, Klinik Pejagalan, maupun berbagai artikel kesehatan lainnya. Salam! (Theresia J Christy) 

=