Sosialisasi dan Workshop Hibah PKP-PBMRI 4.0

Publish by Pusat Pengembangan Materi Pembelajaran  |  23 Juli 2018

all

Mahasiswa Generasi Z telah menjadikan teknologi sebagai partner belajar. Dosen tidak lagi menjadi pusat pembelajaran, melainkan mahasiswalah yang kini menjadi pusat dari pembelajaran tersebut.

Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, para dosen yang saat ini berhadapan dengan mahasiswa yang berasal dari Generasi Z perlu menyadari bahwa pola dan model belajar mahasiswa Generasi Z berbeda dengan generasi-generasi sebelumnya.

Mahasiswa Generasi Z telah menjadikan teknologi sebagai partner belajar. Dosen tidak lagi menjadi pusat pembelajaran, melainkan mahasiswalah yang kini menjadi pusat dari pembelajaran tersebut. Untuk itu, diperlukan perubahan mind set dan pola pembelajaran di perguruan tinggi.

Sejak tahun 2016, Ukrida telah berkomitmen untuk mengembangkan model pembelajaran aktif dimana proses pembelajaran yang berlangsung menjadikan mahasiswa sebagai pusat dari proses pembelajaran tersebut.

Sebagai salah satu wujud dari pengembangan model pembelajaran aktif, UKRIDA melalui Learning Resource Center (LRC) telah menyusun dan mengajukan hibah Peningkatan Kualitas Pembelajaran melalui Pembelajaran Berpusat pada Mahasiswa Memasuki Revolusi Industri 4.0 (PKP-PBMRI 4.0) 2018. Berkat rahmat Tuhan, tahun ini Ukrida mendapatkan kesempatan sebagai salah satu penerima hibah tersebut. Hibah PKP-PBMRI ini diharapkan akan menjadi pemicu dari serangkaian transformasi pembelajaran yang sedang berlangsung di Ukrida.

Power Primarily with The Student

Pada hibah ini, Program Studi Teknik Elektro, Psikologi, dan Sastra Inggris menjadi model percontohan. Diharapkan setelah periode hibah berakhir, pengembangan SCL sebagai salah satu model pembelajaran aktif di UKRIDA dapat terus dilanjutkan untuk mata kuliah maupun program studi lainnya.

Sebagai salah satu tahapan dari pelaksanaan Hibah PKP-PBMRI 4.0 2018, pada tanggal 23 dan 24 Juli 2018 telah diadakan serangkaian kegiatan sosialisasi dan workshop Hibah PKP-PBMRI 4.0 2018. Adapun peserta sosialisasi dan workshop ini adalah para dosen yang telah terpilih sebagai model dan observer dari ketiga program studi sasaran hibah. Di samping itu, para dosen dari program studi lain di luar program studi sasaran juga diundang untuk mengikuti kegiatan ini, dengan harapan dapat mengajukan hibah di tahun berikutnya.

Sebagai pembuka kegiatan, Ibu Amelia Makmur, S.T., M.T. selaku Wakil Rektor I memberikan Kata Sambutan. Dalam sambutannya, Ibu Amelia berharap agar para dosen dari program studi sasaran hibah dapat mengikuti dengan penuh seluruh tahapan persiapan dan pelaksanaan Hibah PKP-PBMRI 4.0 2018 ini. Kegiatan Sosialisasi dan Workshop Hibah PKP-PBMRI 4.0 2018 diawali dengan penjelasan dari Bapak Dr. Sumar Hendayana, M.Sc., Tim PKP-PBMRI 4.0 2018 dari Direktorat Pembelajaran, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Dikti selaku narasumber. Bapak Sumar juga menyampaikan tentang Lesson Study for Learning Community (LSLC). Pada hari kedua, para peserta berlatih menyusun Lesson Design dan Chapter Design sesuai dengan mata kuliahnya masing-masing.

Pada sesi terakhir, Lesson Design dan Chapter Design yang telah disusun dipresentasikan untuk mendapatkan masukan dari peserta lainnya. Kegiatan sosialisasi dan workshop hibah PKP-PBMRI 4.0 2018 ini diakhiri dengan pesan dan kesan dari para peserta. Sebelum menutup kegiatan, Kepala LRC, Eddy Wijanto, S.T., M.T. menyerahkan plakat kepada pembicara dilanjutkan dengan sesi foto bersama.

Melalui sosialisasi dan workshop ini diharapkan para dosen dari program studi sasaran dapat mempersiapkan dengan baik pelaksanaan hibah PKP-PBMRI 4.0 2018 dengan target akhir publikasi di international conference.

=