Training Mandarin Teacher

Publish by Pusat Pengembangan Materi Pembelajaran  |  16 Juli 2018

all

Menyadari pentingnya penguasaan Bahasa Mandarin, UKRIDA bekerja sama dengan Ikatan Citra Alumni Taiwan (ICATI) menyelenggarakan Training for Professional Mandarin Teacher.

Dalam era globalisasi saat ini, bahasa memegang peranan penting dalam berbagai aspek kehidupan. Penguasaan bahasa menjadi kunci dalam mengembangkan relasi ke dunia internasional. Selain Bahasa Inggris, saat ini Bahasa Mandarin telah menjadi salah satu dari bahasa internasional yang penting untuk dikuasai. Bahkan menurut beberapa penelitian yang dilakukan lembaga terkemuka, Bahasa Mandarin telah menjadi bahasa pengantar internasional kedua setelah Bahasa Inggris.

Menyadari pentingnya penguasaan Bahasa Mandarin, Ukrida melalui Learning Resource Center (LRC) sebagai unit yang mewadahi pengembangan pembelajaran bekerja sama dengan Ikatan Citra Alumni Taiwan (ICATI) menyelenggarakan Training for Professional Mandarin Teacher pada tanggal 02-06 Juli 2018.

Training ini menghadirkan dua orang guru mandarin profesional langsung dari Taiwan. Dalam sesi opening pada tanggal 02 Juli 2018 di Auditorium Kampus I UKRIDA, perwakilan dari Taipei Education and Trade Office menyampaikan bahwa para peserta dari training ini akan mendapatkan kesempatan untuk dipilih mengikuti pelatihan selama dua minggu di Taiwan.

Dalam sambutannya, Ibu Amelia Makmur, S.T., M.T. selaku Wakil Rektor I menyampaikan terima kasih atas kerjasama yang baik dengan Icati sehingga training ini dapat terselenggara.

Mandarin is Most-Spoken Language in The World, Spoken by 1.07 Billion People

Training diikuti oleh 120 peserta, yang berasal dari berbagai kalangan, baik guru, dosen, guru privat, maupun pemerhati bahasa dari berbagai institusi yang ada di Indonesia.

Para peserta dibekali dengan teknik pengajaran Bahasa Mandarin yang menarik dan mudah penyampaiannya sehingga para peserta didik akan semakin tertarik untuk mempelajari Bahasa Mandarin.

Pada hari ketiga, 04 Juli 2018 para peserta juga diberikan sesi tur untuk melihat berbagai fasilitas yang ada di UKRIDA.

Pada akhir pelatihan, 06 Juli 2018, setiap peserta yang telah terbagi ke dalam grup menampilkan performance dalam Bahasa Mandarin, baik lagu, drama, puisi, dan bentuk lainnya. Melalui training ini diharapkan penguasaan Bahasa Mandarin akan semakin berkembang melalui para guru mandarin profesional di institusinya masing-masing.

=