Training Sertifikasi Dosen

Publish by Pusat Pengembangan Materi Pembelajaran  |  23 Mei 2018

all

Pendidikan merupakan bangunan utama dalam sebuah peradaban. Sedemikian pentingnya pendidikan, sehingga setiap negara menaruh perhatian besar pada pembangunan di bidang ini, tidak terkecuali Indonesia.

Pendidikan merupakan bangunan utama dalam sebuah peradaban. Sedemikian pentingnya pendidikan, sehingga setiap negara menaruh perhatian besar pada pembangunan di bidang ini, tidak terkecuali Indonesia.

Dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan, yang pada akhirnya akan meningkatkan kualitas generasi penerus bangsa, Indonesia telah memberikan perhatian cukup besar pada aspek pendidikan. Tidak hanya alokasi anggaran yang mencapai 20% dari APBN, pemerintah Indonesia melalui Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi juga telah melakukan berbagai upaya dalam peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia. Salah satu upaya yang dilakukan, yang juga telah diamanatkan oleh undang-undang, adalah Sertifikasi Pendidik.

Sertifikat pendidik merupakan bukti formal pengakuan akan profesionalitas yang diberikan kepada dosen sebagai tenaga profesional. Sesuai dengan amanat undang-undang, seluruh guru dan dosen di Indonesia harus tersertifikasi paling lambat 10 tahun sejak diundangkan.  

Dalam rangka membekali para dosen yang belum tersertifikasi serta meningkatkan wawasan dosen yang telah tersertifikasi mengenai beban kerja dosen, Ukrida melalui Learning Resource Center (LRC) sebagai unit yang mewadahi pengembangan pembelajaran, menyelenggarakan Training Sertifikasi Dosen pada tanggal 22 Mei 2018.

Training Sertifikasi Dosen diadakan secara berkala di Ukrida, pada kesempatan kali ini menghadirkan Prof. Dr. Ir. Ivan Hanafi, M.Pd., Ketua Tim Sertifikasi Dosen di Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi dan Prof. Ir. Sofia W. Alisjahbana, M.Sc., Ph.D., salah seorang Tim Penilai Sertifikasi Dosen dan Jenjang Jabatan Akademik Kopertis Wilayah III.

"All Real Education is The Architecture of The Soul"

Kegiatan training diawali oleh Sambutan dari Wakil Rektor II, Ibu Dra. Mina Sulastri, M.S. Training yang berlangsung dari pukul 09.00 hingga 16.00 terbagi dalam 2 (dua) sesi. Pada sesi pertama, Prof. Dr. Ir. Ivan Hanafi, M.Pd. menyampaikan tentang rencana perubahan sistem dalam pengurusan Sertifikasi Dosen, Beban Kerja Dosen, dan Jenjang Jabatan Akademik, yang dikenal sebagai Sister (Sistem Informasi Sumber Daya Terintegrasi).  

Prof. Ivan juga menyampaikan mengenai tahapan dari proses Sertifikasi Dosen, dimulai dari data D1 sampai dengan D5 serta penilaian dari Deskripsi Diri dan komponen lainnya. Prof. Ivan juga menyampaikan bahwa untuk tahun 2018 terdapat kuota 10.000 dosen yang akan disertifikasi dan sebanyak 7.000 dosen telah tersertifikasi pada Batch I, diharapkan para dosen Ukrida yang sudah eligible dapat ikut dalam proses sertifikasi Batch II.

Training dilanjutkan dengan Sesi II, dibawakan oleh Prof. Ir. Sofia W. Alisjahbana, M.Sc., Ph.D., yang menyampaikan penjelasan terkait Pedoman Pelaporan Beban Kerja Dosen, khususnya pedoman yang berlaku di Kopertis Wilayah III. Prof. Sofia juga memperlihatkan cara pengisian Beban Kerja Dosen, khususnya bagi dosen yang baru dinyatakan lulus dalam proses sertifikasi dosen Batch I 2018.

Peserta training yang mencapai 70 orang terlihat sangat antusias dengan berbagai pertanyaan yang diajukan dalam sesi diskusi dan tanya jawab. Kegiatan training diakhiri dengan penyerahan plakat dan sertifikat oleh Wakil Rektor I, Ibu Amelia Makmur, S.T., M.T.

Melalui training ini diharapkan para dosen yang belum tersertifikasi dapat mempersiapkan diri dengan lebih baik sehingga dapat lulus sertifikasi, sedangkan bagi para dosen yang telah tersertifikasi agar dapat mempersiapkan pelaporan Beban Kerja Dosen dengan lebih baik lagi.

=